Pentingnya Peran Orang Tua untuk Membangun Mindset Entrepreneurship Sejak Dini

Pentingnya Peran Orang Tua untuk Membangun Mindset Entrepreneurship Sejak Dini

Mindset Bisnis sejak Usia Dini--koleksi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Angel panggilan sehari hari salah satu siswa di sebuah Sekolah Menengah Pertama di kota Jambi.

Rutinitas yang ia geluti sejak masih menginjak usia sekolah dasar hingga sekarang dia duduk di Bangku Sekolah Menengah Pertama.

Bisnis kecil kecilan yang berawal dari keisengannya karena dia sering bersama teman-temannya memesan jajanan via online.

Ternyata setelah dia mengkalkulasi pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap hari tidak sedikit.

BACA JUGA:Didikan Seperti Ini Akan Membuat Anak Jadi Keras Kepala

BACA JUGA:Tips Parenting untuk Orang Tua Yang Efektif Bentuk Karakter Anak

Hingga terpikirlah bagaimana kalau dia coba-coba membuat dan menawarkan beberapa menu jajanan yang sering mereka beli via online.

Jenis makanan yang dibuatnya sendiri tergantung request dari teman-temannya, seperti Mie Karbonara, Risol Mayo, dan Keju Aroma.

Tidak banyak menu memang, namun jumlah yang dijual perharinya bisa menghasilkan cukup lumayan dan mengalahkan gaji UMR loh.

Dari keisengan itu akhirnya menjadi sebuah rutinitas yang menghasilkan cuan tambahan dan menyenangkan buat Angel.

BACA JUGA:Ibu Sering Melarang Anak Minum Air Es, Benarkah Jadi Pemicu Batuk dan Flu?

BACA JUGA:Orangtua Harus Waspada! Dampak Negatif HP bagi Anak Usia Dini dan Perkembangannya

Awalnya kedua orang tuanya sempat tidak yakin sampai berapa lama Angel bisa konsisten dengan bisnis kecilnya. Ternyata bisnis yang dimulai dengan coba coba ini mendatangkan hasil dan membuat orang tuanya bangga.

Dan kedua orang tuanya pun mensupport dengan catatan tetap sekolah yang diutamakan. Dengan kemandirian dan keuletan yang diturunkan dari orang tuanya, Angel bisa menghasilkan cuan tidak sedikit setiap harinya.

Pentingnya Membangun bakat entrepreneurship sejak dini pada anak merupakan langkah penting dalam menyiapkan mereka untuk masa depan yang sukses.

Menumbuhkan mindset atau pola pikir yang sesuai dengan dunia bisnis yang mereka inginkan dapat memberikan pondasi yang kuat bagi perkembangan kemampuan kewirausahaan mereka.

BACA JUGA: Waspadai Tanda-tanda Autisme pada Anak, Nomor 5 Sering Terjadi!

BACA JUGA:Anak Susah Makan? Ini Solusi dari Dokter untuk Menangani GTM pada Anak

Angel adalah salah satu contoh yang bisa diambil, selain dia memiliki bakat di bidang kuliner, dia juga mempunyai prinsip kenapa ga anak sekolah mempunyai penghasilan.

Menumbuhkan dan meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka, seperti memberikan tanggung jawab, memberikan dukungan, dan memfasilitasi kegiatan yang melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan.

Mengasah kreatifitas dan inovasi pada anak sangat penting, karena anak dihadapkan dengan berbagai tantangan dan permasalahan dan solusi untuk pemecahan masalah tersebut.

Dengan kerja keras akan mendorong mereka menjadi pribadi yang kreatif, kritis dan tekun. Anak akan menjadi komunikatif dan  yang bisa merangsang kreativitas dan inovasi mereka.

BACA JUGA:Kenikmatan Mencicipi Es Puter Legend di Kota Palembang

BACA JUGA:Memulai Bisnis Bakso Bakar dengan BanyakCabang: Begini Panduan Praktis untuk Sukses

Pentingnya dorongan dan peran orang tua dalam mendidik dan mengembangkan bakat bisnis anak-anak untuk membangun mindset entrepreneurship sejak dini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber