Inovasi UX/UI Terbaru, Membawa Pengalaman Pengguna ke Level Berikutnya

Inovasi UX/UI Terbaru, Membawa Pengalaman Pengguna ke Level Berikutnya

Pasangan saling memberi hadiah Natal -gratispik-freepik

Tren ini didorong oleh perkembangan teknologi asisten suara seperti Amazon Alexa, Google Assistant, dan Apple Siri.


Representasi UI dan UX dengan smartphone--freepik

Penggunaan VUI memberikan pengalaman yang lebih intuitif dan hands-free, yang sangat bermanfaat dalam situasi di mana penggunaan tangan tidak memungkinkan, seperti saat mengemudi atau memasak.

Namun, tantangan terbesar dalam desain VUI adalah memastikan bahwa sistem dapat memahami dan merespons perintah suara dengan akurat, serta menyediakan alternatif bagi pengguna yang lebih suka interaksi berbasis teks atau sentuhan.

Selain itu, desain berbasis animasi semakin banyak digunakan untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan pengguna.

Animasi memberikan pengalaman yang lebih hidup dan dinamis, serta membantu menjelaskan fungsi-fungsi tertentu dalam antarmuka dengan lebih jelas.

BACA JUGA:Merek Tiongkok Kuasai 90 Persen Penjualan Mobil Listrik di Indonesia

BACA JUGA:Amalan-amalan Ringan Namun Berpahala Besar, Yuk Amalkan!

Misalnya, animasi mikro (micro-interactions) digunakan untuk memberikan umpan balik visual saat pengguna berinteraksi dengan elemen antarmuka, seperti tombol atau slider.

Tren ini tidak hanya membuat pengalaman pengguna lebih menarik, tetapi juga dapat meningkatkan kemudahan penggunaan dengan menyederhanakan cara penyampaian informasi.

Personalization atau personalisasi juga menjadi aspek penting dalam tren desain UX/UI saat ini. Dengan memanfaatkan data pengguna, desainer dapat menciptakan pengalaman yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber