Teknologi Terbaru dalam Industri Medis, Apa yang Harus Diketahui?

Teknologi Terbaru dalam Industri Medis, Apa yang Harus Diketahui?

Biokimia dalam bidang kedokteran bekerja di fasilitas modern - Studio_DC-freepik

Dengan memetakan genom individu, dokter kini dapat memberikan perawatan yang lebih personalisasi, sesuai dengan profil genetik pasien.

Teknologi ini memungkinkan identifikasi mutasi gen yang menyebabkan penyakit tertentu, dan dengan demikian, pengembangan terapi yang spesifik untuk mengatasi masalah tersebut.

Contoh yang menonjol dari aplikasi teknologi genomik adalah terapi CRISPR, yang memungkinkan pengeditan gen untuk menghilangkan atau memperbaiki mutasi yang menyebabkan penyakit genetik.

BACA JUGA:Korban Tewas di Gaza Tembus 40 Ribu Jiwa, Negosiasi Gencatan Senjata Terus Berlangsung

BACA JUGA:Kemeriahan dan Keseruan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 di SD Negeri 27 Palembang


Ahli biologi meneliti evolusi vaksin menggunakan teknologi tinggi dan teknologi yang meneliti pengobatan -Studio_DC-freepik

Robotika juga telah menjadi bagian integral dari teknologi medis modern. Robot bedah, seperti sistem da Vinci, memungkinkan ahli bedah melakukan operasi dengan presisi yang sangat tinggi melalui sayatan minimal. Teknologi ini mengurangi risiko komplikasi dan mempercepat pemulihan pasien.

Selain itu, robotika juga digunakan dalam rehabilitasi medis, di mana robot membantu pasien dalam proses pemulihan fisik, memberikan latihan yang tepat dan terukur sesuai kebutuhan.

Teknologi lainnya yang tidak kalah penting adalah telemedicine, yang semakin populer terutama sejak pandemi COVID-19.

Telemedicine memungkinkan dokter untuk berkonsultasi dengan pasien dari jarak jauh melalui platform digital.

BACA JUGA:Biar Jam Tangan Otomatis Tetap Awet, Lakukan 8 Perawatan Ini!

BACA JUGA: Honda BeAT Street Upgrade, Kunci Batang Terbaru Membuatnya Makin Menarik

Hal ini tidak hanya menghemat waktu dan biaya, tetapi juga memperluas akses perawatan kesehatan ke daerah-daerah terpencil yang sebelumnya sulit dijangkau.

Dengan adanya telemedicine, pasien dapat mendapatkan diagnosis awal dan rekomendasi perawatan tanpa harus meninggalkan rumah, yang sangat bermanfaat dalam situasi darurat atau bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas.

Selain itu, wearable technology juga menjadi tren yang semakin marak di kalangan konsumen dan profesional kesehatan. Perangkat wearable, seperti jam tangan pintar yang dilengkapi sensor kesehatan, dapat memonitor tanda vital secara real-time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber