TikTok Diam-Diam Meluncurkan Aplikasi Mirip Instagram Bernama 'Whee'

TikTok Diam-Diam Meluncurkan Aplikasi Mirip Instagram Bernama 'Whee'

Aplikasi baru yang di keluarkan oleh TikTok--Foto : play.google.com@whee

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Berbeda dengan TikTok yang fokus pada konten video, Whee hanya memungkinkan pengguna untuk berbagi foto.

Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Instagram, terutama dalam format foto yang berukuran 1:1, mirip dengan format Instagram Feed.

Menurut laporan dari Philippine Daily Inquirer, Artem Russakovskii, pendiri situs web berita Android Police, adalah salah satu yang pertama menyadari peluncuran ini. Dia mengungkapkan di X (sebelumnya Twitter) bahwa TikTok tampaknya sedang menguji aplikasi baru bernama Whee. 

Saat ini, Whee tersedia di Android di lebih dari selusin negara, meskipun belum tersedia di AS dan Indonesia. Deskripsi di Google Play Store menyebutkan bahwa Whee "adalah aplikasi sosial baru yang dirancang untuk menjaga Anda tetap terhubung dengan teman-teman dekat melalui momen-momen spontan dalam hidup.

BACA JUGA:Inilah Yang Didapat Dari Gift TikTok Dari Apresiasi Hingga Harga yang Fantastis


Aplikasi baru yang sama dengan Instagram --Foto : play.google.com@whee

Intinya, Whee memungkinkan pengguna untuk mengambil dan berbagi foto kehidupan nyata dengan teman-teman mereka.Peluncuran Whee cukup mengejutkan, terutama karena ByteDance baru saja merilis TikTok Notes, aplikasi lain yang juga terinspirasi oleh Instagram.

Whee menawarkan pendekatan yang lebih personal dengan hanya mengizinkan teman untuk melihat dan berinteraksi dengan foto pengguna. Namun, alasan di balik peluncuran aplikasi ini masih belum jelas, mengingat TikTok sendiri sudah memiliki fitur serupa.

Secara tampilan, Whee memiliki tiga menu utama: "Chat", "Camera", dan "Timeline". Menu "Chat" digunakan untuk berinteraksi dengan teman melalui teks, mirip dengan fitur Direct Message (DM). Menu "Camera" memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten, sementara menu "Timeline" digunakan untuk melihat posting teman. 

Di menu Timeline, pengguna dapat melihat, membagikan, menuliskan komentar, dan memberikan reaksi suka pada foto yang dilihat.

BACA JUGA: Melampaui Viralitas! Cerita Inspiratif di Balik Lagu 'Cinderela Pun Tiba' yang Memikat TikTok

Pengguna Whee tidak dapat melihat konten dari pengguna lain yang bukan teman atau pengikut mereka. Keterbatasan ini menunjukkan bahwa Whee dirancang khusus untuk berbagi foto dengan keluarga dan kerabat dekat. 

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut apakah ByteDance akan terus mengembangkan Whee dengan fitur-fitur baru di masa mendatang. Alasan mengapa ByteDance meluncurkan Whee secara diam-diam juga masih menjadi tanda tanya.

Dengan munculnya Whee, ByteDance tampaknya ingin memperluas jangkauannya di dunia media sosial dengan menghadirkan alternatif yang lebih intim dan personal dibandingkan TikTok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber