Melihat Rentetan Mobil Mewah Presiden Jokowi: Ada Satu yang Tampak Berbeda Dari Biasanya

 Melihat  Rentetan Mobil Mewah Presiden Jokowi: Ada Satu yang Tampak Berbeda Dari Biasanya

Melihat Rentetan Mobil Mewah Presiden Jokowi: Ada Satu yang Tampak Berbeda Dari Biasanya-- www.toyota.astra.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, biasanya menggunakan mobil mewah dengan pelat nomor RI 1, baik itu Mercedes-Benz S600 yang menjadi kendaraan dinasnya atau beberapa mobil lainnya yang digunakan saat kunjungan ke luar kota.

Namun, baru-baru ini, Tenaga Ahli Muda Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Bambang Saptono, melalui akun TikTok pribadinya, memperlihatkan mobil mewah Presiden Jokowi yang tampak berbeda dari biasanya.

Selain Mercedes-Benz S600 Jokowi sering menggunakan SUV seperti Toyota Land Cruiser dan Mercedes-Benz G-Class, serta sesekali menggunakan Toyota Alphard lawas.

Akan tetapi, baru-baru ini, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut terlihat menggunakan All New Alphard berwarna hitam saat menjalankan tugasnya. Dalam kesempatan itu, Jokowi tampak menyapa warga dari kursi baris kedua sambil membagikan kaus.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Begini Cara Merawat Smartwatch agar Tetap Kinclong

Hal lain yang menarik perhatian adalah pelat nomor mobil yang digunakan. Kali ini, pelat nomor tersebut bukan lagi RI 1, melainkan B 54 TOE, yang jika diinterpretasikan dapat berarti ‘Satu’.

Generasi keempat Alphard yang digunakan Jokowi pertama kali hadir di Indonesia pada Agustus 2023. Mobil ini mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, seperti yang dimiliki oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Tampilan eksterior Alphard baru ini terlihat lebih kokoh, dengan grill besar berlapis krom hitam berbentuk kotak yang cukup rapat.

Lampu depannya lebih pipih dan panjang, seakan menyatu dengan kap mesin. Garis horizontal di bodi samping dibuat lurus dengan ujung lampu depan, sedangkan ujung bonet pada sisi kanan dan kiri dibuat landai, terlihat lebih panjang dari posisi lampu utama.

BACA JUGA:Isuzu Motors Hadirkan Versi Terbaru dari SUV MU-X

Mobil ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA GA-K, dengan rocker yang dibuat lurus dan penyangga berbentuk V pada bagian kaki-kaki belakang, sehingga 50 persen lebih rigid dibandingkan generasi sebelumnya.

Suspensi depan MacPherson strut yang dirancang khusus untuk platform baru ini, serta suspensi belakang double wishbone, telah diperbarui. Peredam kejutnya secara mekanis menyesuaikan gaya redaman berdasarkan frekuensi getaran dari jalan.

Perubahan tersebut diklaim membuat mobil lebih stabil saat bermanuver dan mampu menyerap getaran kecil dari permukaan jalan dengan lebih baik.

Getaran yang dirasakan penumpang di bangku baris kedua juga diminimalisir. Di dalam kabin, tampilan interiornya menyerupai pesawat, dengan plafon yang dilengkapi sunroof yang terbagi dua pada sisi kanan dan kiri, sedangkan di tengah terdapat konsol panjang yang berfungsi sebagai lubang AC, ambient light, dan layar hiburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber