Tips Keuangan: Cara Aman Bertransaksi Digital dan Kartu Kredit

Tips Keuangan: Cara Aman Bertransaksi Digital dan Kartu Kredit

Tips Keuangan: Cara Aman Bertransaksi Digital dan Kartu Kredit--free pik.com

Mengganti kata sandi secara rutin, misalnya setiap tiga bulan, dapat mengurangi risiko keamanan. Jika Anda merasakan adanya gangguan pada sistem m-banking, segera ubah kata sandi untuk mencegah akses tidak sah.

Hindari Penggunaan Komputer Publik

Komputer publik memiliki risiko kebocoran data yang lebih tinggi karena dapat diakses banyak orang. Sebaiknya gunakan perangkat pribadi seperti HP atau komputer sendiri untuk melakukan transaksi digital, terutama yang melibatkan jumlah uang besar.

BACA JUGA:Tak Hiraukan Larangan, Timsus Macan Komering Polres OKI dan Polsek Lempuing Jaya Bubarkan Pesta Musik Remix OT

Putuskan Koneksi Internet Ketika Tidak Menggunakan M-Banking

Memutuskan koneksi internet saat m-banking tidak digunakan adalah langkah bijak untuk mencegah peretasan. Koneksi yang terus tersambung bisa menjadi pintu masuk bagi peretas untuk mencuri informasi perbankan Anda.

Waspada Terhadap Penipuan Berbentuk Link

Banyak penipuan dilakukan melalui link yang disebar via SMS, WhatsApp, atau Telegram. Hindari membuka link dari sumber yang tidak dikenal dan segera hapus pesan tersebut. Link tersebut bisa mencuri data pribadi dan menguras tabungan Anda.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Mobile Intellectual Property Clinic 2024 Segera Digelar Kemenkumham Sumsel

Periksa Tabungan Secara Teratur

Selalu memeriksa saldo rekening secara rutin sangat penting untuk mendeteksi kejanggalan. Jika ada perubahan yang mencurigakan, segera konfirmasi dengan pihak bank. Ini membantu mencegah penipuan yang mengurangi saldo rekening tanpa sepengetahuan Anda.

Jangan Memberikan Detail Rekening

Jangan pernah membagikan detail rekening seperti ID, kata sandi, atau PIN kepada siapa pun. Jika Anda mengalami masalah dengan detail akun, segera laporkan ke bank untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

BACA JUGA:Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 20 Pejabat Manajerial dan Nonmanajerial Kemenkumham Sumsel

Jangan Mengkonfirmasi Pembayaran yang Tidak Resmi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber