Imigrasi Palembang Pastikan Kelancaran Keimigrasian Jamaah Haji Sumsel-Babel

 Imigrasi Palembang Pastikan Kelancaran Keimigrasian Jamaah Haji Sumsel-Babel

Imigrasi Palembang Pastikan Kelancaran Keimigrasian Jamaah Haji Sumsel-Babel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan, menyatakan bahwa tidak ada masalah keimigrasian bagi calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung selama pemberangkatan dari 12 Mei hingga 4 Juni 2024.

"Berdasarkan evaluasi pelayanan pemeriksaan paspor haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat melalui Embarkasi Haji Palembang/Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) hingga pemberangkatan terakhir Kloter 19 pada 4 Juni 2024, tidak ada masalah, dan seluruh jamaah sekitar 8.500 orang bisa diterima dengan baik di Tanah Suci Makkah," kata Mohammad Ridwan di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan data Kemenag, pemberangkatan jamaah pada musim haji 1445 Hijriah/2024 melalui Embarkasi Haji Palembang mencapai 8.506 orang. Rinciannya, 7.295 orang berasal dari Sumsel, 1.116 dari Kepulauan Bangka Belitung (Babel), serta 95 petugas haji.

Pemberangkatan jamaah dari provinsi tersebut dibagi dalam 19 kloter dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines, dengan setiap kloter mengangkut 450 orang.

BACA JUGA:BYD Berencana Mengirim Ribuan Unit Mobil, Pengiriman Dimulai Akhir Juni

Pelayanan paspor pemberangkatan jamaah gelombang pertama, yaitu kloter 1-9, telah dituntaskan pada 12-23 Mei 2024 dari Bandara SMB II Palembang langsung ke Madinah. Pemberangkatan sekitar 4.000 orang gelombang pertama tersebut termasuk tiga kloter jamaah asal Bangka Belitung (Babel) yang diberangkatkan pada 15-18 Mei 2024.

"Sedangkan gelombang kedua kloter 10-19 yang semuanya jamaah asal Sumsel telah diberangkatkan pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024 dari Palembang langsung ke Jeddah," tambahnya.

Untuk melayani pemeriksaan paspor pemberangkatan calon haji Sumsel-Babel, pihaknya menyiapkan 75 petugas. Pemeriksaan paspor dan entry data perlintasan jamaah menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM) dan peneraan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan, jelas Ridwan.

Sementara itu, Plh. Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rahmi Widhiyanti, mengapresiasi Satgas Imigrasi Palembang yang telah sukses menjalankan tugas pelayanan pemberangkatan seluruh jamaah melalui Embarkasi Haji Palembang.

BACA JUGA:Peringati Hari Pers Nasional, PWI Sumsel Gelar Bimtek Bako Humas Se-Provinsi Sumatera Selatan

"Seluruh anggota satgas diharapkan dapat memanfaatkan waktu istirahat sejenak dan kembali melaksanakan tugas rutin sambil melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan jamaah di Bandara SMB II yang dijadwalkan pada 22 Juni - 15 Juli 2024," kata Rahmi.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menjelaskan bahwa seluruh jamaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang kloter 1-19 telah berada di Makkah dan melaksanakan umrah wajib.

Kondisi Makkah saat ini semakin padat, oleh karena itu jamaah diimbau agar mengikuti arahan petugas kloter dan PPIH Arab Saudi dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

"Saya berharap para jamaah asal Sumsel dan Babel dari Embarkasi Haji Palembang dapat menjaga kondisi fisik dan kesehatan sebaik mungkin menghadapi masa puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina," ujar Syafitri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber