Cara Aman Melakukan Jump Start pada Aki Mobil yang Soak, Simak Langkah-langkah Ini

Cara Aman Melakukan Jump Start pada Aki Mobil yang Soak, Simak Langkah-langkah Ini

Cara Aman Melakukan Jump Start pada Aki Mobil yang Soak, Simak Langkah-langkah Ini--ig.com/@bendix.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Jumper aki mobil menjadi solusi praktis ketika mobil yang akan digunakan tiba-tiba tidak dapat dihidupkan. Terdapat beberapa penyebab, namun ketika aki lemah atau sudah habis masa pakainya, melakukan jumper mobil menjadi salah satu solusi yang efektif.

Persiapkan Mobil yang Sejenis

Sebelum melakukan proses jumper, pastikan Anda memiliki kabel jumper di dalam mobil. Hal yang paling penting saat ingin melakukan jumper adalah menemukan mobil lain yang sejenis dengan mobil Anda yang mengalami masalah.

Mengapa Memilih Mobil yang Sejenis?

Mobil yang sejenis biasanya memiliki tipe voltase aki yang sama, umumnya 12V. Carilah bantuan dari pemilik mobil yang sejenis dengan mobil Anda dan parkirkan mobil tersebut berhadapan dengan mobil Anda yang mogok. Berikan jarak sekitar 1 meter di antara kedua mobil.

BACA JUGA:Hotel Aryaduta Palembang Luncurkan Ulang Program Sap7a Rasa, Sajikan Bermacam Kuliner dengan 7 Rasa Nusantara!

Posisikan Mobil di Tempat Parkir yang Tepat

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, posisikan tuas transmisi di 'P' (parkir) dan untuk transmisi manual, posisikan di netral. Jangan lupa aktifkan rem tangan atau rem parkir pada kedua mobil agar tetap diam di posisinya.

Matikan seluruh perangkat kelistrikan di kedua mobil dan pastikan mesin dalam kondisi mati dengan kunci yang dicabut.

Persiapan Sebelum Jumper

Pastikan untuk mencabut semua yang terhubung pada cigarette lighter atau pemantik rokok, seperti charger ponsel, karena alat-alat tersebut bisa rusak saat proses jumper akibat tegangan yang tidak stabil.

BACA JUGA:Paralegal Justice Award 2024, Kemenkumham Sumsel Kirim 12 Lurah dan Kades Terbaik

Perhatikan Posisi Kutub Terminal

Buka kap mesin kedua mobil dan perhatikan posisi aki. Perhatikan dengan sangat teliti posisi kutub terminal positif serta negatif dari kedua aki tersebut. Biasanya, dua kutub terminal aki ini ditandai dengan lambang + untuk positif dan - untuk negatif. Jika kutub terminal kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan kain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber