Serupa Tapi Tak Sama! Dua Perbedaan Utama Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Sportbike 150cc Pilihan Anda

Serupa Tapi Tak Sama! Dua Perbedaan Utama Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Sportbike 150cc Pilihan Anda

Serupa Tapi Tak Sama! Dua Perbedaan Utama Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Sportbike 150cc Pilihan Anda--Foto:instagram.com_@gsxrider

Dalam penggunaan sehari-hari, GSX-S150 cocok untuk pengendara yang menghadapi kesibukan kota, sementara GSX-R150 lebih sesuai untuk mereka yang menikmati kecepatan di trackday atau akhir pekan.

Kedua model GSX 150cc dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti lampu utama LED, spidometer full LCD dengan mode yang mirip dengan motor balap MotoGP, keyless ignition (GSX-R150) atau magnetic shutter key (GSX-S150), easy start system, dan cakram petal di kedua roda.

Manajemen mesin GSX 150 dilengkapi dengan 6 sensor untuk meningkatkan efisiensi kerja, termasuk konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis. Sistem pengapian yang digunakan adalah closed loop, dengan sensor oksigen pada knalpot yang jarang ditemui pada motor sekelasnya.


Serupa Tapi Tak Sama! Dua Perbedaan Utama Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Sportbike 150cc Pilihan Anda--foto: [email protected]

Teknologi throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang dari Mitsubishi digunakan untuk memastikan pembakaran bahan bakar yang optimal.

Desain silinder dan piston dirancang untuk mengurangi gesekan, dengan penggunaan bahan komposit yang ringan untuk meningkatkan performa mesin pada putaran tinggi dan rasio kompresi yang tinggi. Meskipun performanya tinggi, emisi GSX 150 telah memenuhi standar Euro3 dengan penggunaan konverter katalitik.

Untuk mendukung performa tinggi, GSX 150 dilengkapi dengan sistem pengereman yang besar, termasuk cakram petal berukuran 290 mm di bagian depan dan 187mm di bagian belakang. Ban tubeless berukuran 17” yang dipasang pada pelek 10 spoke memberikan stabilitas yang baik saat bermanuver tajam.

Mesin yang Tangguh

Meskipun memiliki perbedaan dalam desain dan gaya berkendara, baik Suzuki GSX-R150 maupun GSX-S150 dibekali dengan mesin yang tangguh dan handal. Keduanya dilengkapi dengan mesin silinder tunggal DOHC 4-klep berkapasitas 147,3cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 18,9 dk pada 10.500 rpm dan torsi sebesar 14 Nm pada 9.000 rpm. Mesin yang bertenaga ini menawarkan akselerasi responsif dan performa yang memadai untuk melibas berbagai kondisi jalan.

Kaki-kaki yang Solid

Suzuki tidak hanya mengandalkan mesin yang tangguh, namun juga menyematkan sistem kaki-kaki yang solid pada kedua varian ini. Baik GSX-R150 maupun GSX-S150 dilengkapi dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan monoshock di bagian belakang.

Suspensi yang responsif ini memberikan kenyamanan dalam berkendara dan stabilitas yang baik saat melewati berbagai jenis medan jalan.

Dalam memilih antara Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Anda perlu mempertimbangkan gaya berkendara Anda serta kebutuhan sehari-hari Anda. Jika Anda menginginkan tampilan agresif dan posisi berkendara yang cenderung sporty, GSX-R150 bisa menjadi pilihan yang cocok.

Namun, jika kenyamanan dan gaya berkendara yang santai lebih Anda utamakan, GSX-S150 mungkin lebih sesuai. Yang pasti, baik GSX-R150 maupun GSX-S150 menawarkan performa mesin yang tangguh dan kualitas kaki-kaki yang dapat diandalkan, sehingga Anda bisa menikmati pengalaman berkendara yang memuaskan, baik itu di jalanan perkotaan maupun dalam perjalanan jauh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: