Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Palembang Dijadwalkan Berangkat ke Mekah 20 Mei 2024

Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Palembang Dijadwalkan Berangkat ke Mekah 20 Mei 2024

Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Palembang dijadwalkan berangkat ke Mekah pada hari Senin, 20 Mei 2024.--Media Center Haji

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Kemenag Sumsel), sebanyak 2.691 Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Palembang tiba di Kota Madinah dengan kondisi yang relatif sehat, mengingat cuaca di Tanah Suci telah mencapai 40 derajat Celcius.

“Terkait kondisi jemaah di Tanah Suci, alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat. Karena memang itu sama-sama kita harapkan, bagaimana jemaah itu bisa menjaga kesehatannya dengan terus banyak beristirahat ketika berada di Madinah. Nantinya untuk persiapan mereka menuju ke Mekah Al-Mukaromah,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil pada hari Senin, 20 Mei 2024.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil mengatakan, JCH Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Palembang dijadwalkan akan berangkat menuju ke Kota Mekah Al-Mukaromah dibantu dengan 11 bus, yang terdiri masing-masing tiap bus berisikan 41 jemaah.


Armet Dachil, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel, Senin (20/5/2024).-Hafid Zainul-PALTV

“Ya, JCH Kloter 1 yang sekarang posisinya di Madinah, mereka juga tengah melakukan persiapan berangkat ke Mekah. Termasuk persiapan-persiapan ihramnya, kemudian pembimbing juga diingatkan agar semua jemaah diperhatikan. Supaya nanti ihramnya bisa sempurna dan mereka bisa melaksanakan umrah wajib secara maksimal ketika tiba di Mekah Al-Mukaromah. Karena satu rombongan itu terdiri dari 41 JCH, maka untuk Kloter 1 Embarkasi Palembang oleh tim transportasi di Madinah sebanyak 11 bus,” ungkap Armet Dachil.

BACA JUGA:Innalillahi Wa Innailaihi Roji’un, Seorang Jemaah Calon Haji Kloter 2 Embarkasi Palembang Meninggal Dunia

Ditambahkan Armet Dachil, dengan jarak tempuh sekitar 400 kilometer, dalam kurun waktu empat jam perjalanan JCH Kloter 1 Embarkasi Palembang akan tiba di Kota Mekah.


Jemaah Haji mengambil miqat di Masjid Bir Ali di Madinah sebelum bertolak ke Mekah, Senin (20/5/2024).--Media Center Haji

“Terkait perjalanan maksimalnya sekitar empat jam, karena jarak tempuhnya lebih dari 400 kilometer. Kita harapkan tidak ada kendala dalam perjalanan. Alhamdulillah dari persiapan transportasinya sudah maksimal, kondisi kendaraannya juga keluaran terbaru,” tutur Armet Dachil.

Selama sepekan terakhir, sudah terhitung tujuh Kloter Embarkasi Palembang telah diberangkatkan ke Arab Saudi.

Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel terus melakukan evaluasi dengan mempercepat durasi layanan jalur fast track, guna JCH dapat dilayani secara maksimal.

BACA JUGA:Alhamdullilah, Ratusan Jemaah Calon Haji Terbang Perdana ke Madinah dari Bandara SMB II Palembang

“Kita terus melakukan evaluasi untuk perbaikan. Terkait layanan fast track, beberapa kali kita rapat di mana harus ditingkatkan, bagaimana prosesnya itu lebih singkat lagi, jangan sampai jemaah merasa kelelahan pada proses penerimaan. Insya’ Allah yang sudah kita lakukan di beberapa Kloter ini berjalan dengan baik. Tapi, kita belum merasa puas, kita ingin terus ada perbaikan supaya jemaah bisa dilayani dengan maksimal,” pungkas Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv