Mengungkap Misteri Stir Mobil Bergetar pada Kecepatan Tinggi, Simak ulasannya!

Mengungkap Misteri Stir Mobil Bergetar pada Kecepatan Tinggi, Simak ulasannya!

Mengungkap Misteri Stir Mobil Bergetar pada Kecepatan Tinggi, Simak ulasannya!--Foto: instagram.com_@bobbyspecrareitem

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ketika Anda mengemudi, terutama pada kecepatan tinggi, pengalaman yang paling mengganggu adalah ketika stir mobil mulai bergetar secara tidak terduga. Getaran ini tidak hanya mengganggu kenyamanan Anda dalam mengemudi tetapi juga bisa menimbulkan risiko kecelakaan jika tidak ditangani dengan tepat.

Mengutip dari hyundai.com, Beberapa penyebab umum mengapa stir mobil bergetar saat kecepatan tinggi perlu dipahami agar dapat diatasi dengan efektif. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya:

1. Ban yang Tidak Seimbang atau Tidak Sejajar

Salah satu penyebab paling umum dari getaran pada stir mobil saat kecepatan tinggi adalah ban yang tidak seimbang atau tidak sejajar. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ban yang aus atau adanya kerusakan pada suspensi. Ban yang tidak seimbang akan menyebabkan getaran saat mobil mencapai kecepatan tinggi, karena distribusi berat mobil tidak merata di setiap roda.

2. Sumbu yang Tidak Sejajar

Jika sumbu-roda depan tidak sejajar, misalnya, jika satu roda lebih maju daripada yang lain, ini dapat menyebabkan getaran pada stir saat kecepatan tinggi. Hal ini sering terjadi setelah mengalami benturan atau kecelakaan, di mana bagian-bagian suspensi atau kemudi mungkin mengalami pergeseran.

BACA JUGA:Indonesia Mengklaim Baterai Nikel Lebih Unggul untuk Mobil Listrik

3. Sumbu yang Tidak Sejajar pada Roda Belakang

Getaran pada stir mobil juga dapat disebabkan oleh sumbu yang tidak sejajar pada roda belakang. Ini bisa terjadi akibat kerusakan pada suspensi belakang atau kesalahan dalam penyetelan geometri roda belakang.

4. Roda yang Tidak Seimbang

Roda yang tidak seimbang adalah penyebab umum lainnya dari getaran pada stir saat kecepatan tinggi. Roda yang tidak seimbang bisa terjadi akibat adanya planggiran pada roda atau pemasangan yang tidak sempurna saat pemasangan ban baru.

5. Kerusakan pada Komponen Suspensi

Kerusakan pada komponen suspensi, seperti per yang aus, bushing yang rusak, atau pegas yang bermasalah, dapat menyebabkan getaran pada stir mobil. Komponen-komponen ini bertanggung jawab untuk menyerap guncangan saat mobil bergerak, dan jika salah satu dari mereka rusak, getaran dapat dialami saat kecepatan tinggi.


Mengungkap Misteri Stir Mobil Bergetar pada Kecepatan Tinggi, Simak ulasannya!--foto: instagram.com_@bobbyspecrareitem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber