12 Mei 2024, Calon Jemaah Haji Asal Sumatera Selatan Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

12 Mei 2024, Calon Jemaah Haji Asal Sumatera Selatan Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024, Calon Jemaah Haji asal Sumsel mengikuti manasik haji terakhir di Asrama Haji Palembang, Kamis (2/5/2024).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Labbaik allahumma labbaik! Sebanyak 8.506 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Sumatera Selatan (Sumsel) ditambah dari Kepulauan Bangka Belitung, mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah Arab Saudi pada tanggal 12 Mei 2024.

Sebelum diberangkatkan, para CJH diinapkan di Asrama Haji Palembang selama satu hari pada hari Kamis, 2 Mei 2024.

Mereka akan mengikuti manasik haji terakhir, perlengkapan dokumen serta pembagian kamar masing-masing CJH.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel), Armet Dachil mengatakan, CJH asal Sumatera Selatan diberikan pengetahuan kebijakan regulasi Pemerintah Arab Saudi, serta diberikan tips dan trik menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

BACA JUGA:Imigrasi Palembang Turunkan 3 Tim Layani 8.506 Calon Haji Sumsel-Babel


Armet Dachil, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Kamis (2/5/2024).-Hafid Zainul-PALTV

“Dalam proses pelaksanaan manasik haji, jemaahnya antusias mengikuti. Banyak hal-hal yang kita sampaikan terkait persiapan dan juga kebijakan Pemerintah Arab Saudi. Jadi, wawasan yang kita berikan ke CJH insya’ Allah akan taat dengan seluruh regulasi yang ditetapkan oleh pihak Arab Saudi,” ucap Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Armet Dachil.

Untuk tahun ini, jumlah CJH Kota Palembang terbanyak dari seluruh CJH yang ada di Sumatera Selatan.

Menurut rencana dari Kanwil Kemenag Sumsel, CJH asal Kota Palembang akan berangkat pada kloter pertama hingga kloter ketiga.

Sementara itu, seorang CJH asal Kota Palembang Agus Sulaiman mengatakan, dengan adanya manasik haji membuat para CJH lebih memahami tentang pelaksanaan ibadah haji, mulai dari yang wajib, sunnah, hingga yang dilarang.

BACA JUGA:Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun, GM Sumeks Nurseri Marwah Tutup Usia


Agus Sulaiman, CJH asal Kota Palembang, Kamis (2/5/2024).-Hafid Zainul-PALTV

“Alhamdulillah, ini pelayanan yang luar biasa, insya’ Allah akan memudahkan para jemaah khususnya dari Palembang. Sejak dari 21 April hingga 1 Mei adalah hari terakhir kita mengikuti manasik haji di tingkat Kota Palembang. Penjelasan yang kita dapatkan baik itu administrasi, kesehatan dan semuanya yang berkaitan dengan kebutuhan ibadah haji sudah lengkap,” ucap CJH asal Kota Palembang, Agus Sulaiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv