Para Penggemar Kebugaran saat Mengonsumsi Creatine, Harap Perhatikan Dosis dan Durasi Asupan Berikut Ini!

Para Penggemar Kebugaran saat Mengonsumsi Creatine, Harap Perhatikan Dosis dan Durasi Asupan Berikut Ini!

Para Penggemar Kebugaran saat Mengonsumsi Creatine--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Creatine telah terbukti sebagai suplemen yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, tetapi apakah aman untuk semua orang?

Suplemen creatine telah mendapatkan popularitas di kalangan atlet, penggemar kebugaran, dan pengunjung gym biasa yang ingin meningkatkan performa dan kekuatan. Tapi apa sebenarnya creatine itu?

Akshita Reddy, Ahli Gizi Senior di Rumah Sakit Multispesialis Athreya, mengatakan: "Creatine adalah senyawa alami yang ditemukan dalam jumlah kecil dalam makanan tertentu dan juga diproduksi oleh tubuh.

Creatine disimpan dalam otot dan digunakan untuk produksi energi selama aktivitas berintensitas tinggi dan berdurasi pendek seperti lari cepat dan angkat beban".

BACA JUGA:Buah Bit Bukanlah Tanaman Viagra: Mari Kita Lihat Manfaat Besar Buah Bit


ada kekhawatiran tentang keamanan dan potensi efek kesehatannya--Foto : Freepik.com

Dalam beberapa tahun terakhir, dia mengakui, atlet dan individu yang terlibat dalam latihan ketahanan telah mulai menggunakannya sebagai suplemen makanan untuk meningkatkan kinerja, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan pemulihan.

Creatine, salah satu suplemen yang paling banyak dipelajari, sangat dihargai karena kemampuannya untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Namun, seperti halnya suplemen makanan lainnya, ada kekhawatiran tentang keamanan dan potensi efek kesehatannya.

 

Potensi risiko kesehatan dari suplemen kreatin

Dalam hal risiko kesehatan jangka pendek, Reddy mengatakan bahwa beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti kembung dan ketidaknyamanan perut, dehidrasi, dan kram otot. "Efek-efek ini umumnya ringan dan sering kali dapat diatasi dengan hidrasi yang tepat," tegasnya.

BACA JUGA:Bintik-bintik Putih Pada Kulit Anda Mungkin Tidak Seperti yang Anda Pikirkan

Suplementasi jangka panjang belum diteliti secara ekstensif, tetapi saat ini tidak ada bukti kuat tentang hubungan antara kreatin dan risiko kesehatan yang serius pada orang sehat, ungkapnya.

Kekhawatiran telah dikemukakan tentang efek potensial pada fungsi ginjal, tetapi penelitian pada individu yang sehat belum mengidentifikasi efek samping yang signifikan pada kesehatan ginjal pada dosis yang direkomendasikan. Pemantauan dan penelitian berkelanjutan diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber