KAI Palembang Klaim Angkutan Lebaran 2024 Meningkat 18 Persen Dibanding 2023

KAI Palembang Klaim Angkutan Lebaran 2024 Meningkat 18 Persen Dibanding 2023

Calon penumpang kereta api mengantri masuk ke dalam kereta api--Foto: humas PT kai divre III palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Masa Angkutan Lebaran 2024 di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang telah berakhir pada tanggal 21 April 2024 setelah dimulai pada 31 Maret 2024. 

Selama periode 22 hari tersebut, KAI Divre III melayani sebanyak 69.950 pelanggan yang berangkat dari seluruh stasiun di wilayah Palembang.

Stasiun Kertapati menjadi stasiun dengan jumlah penumpang naik dan turun terbanyak, dengan 32.241 penumpang naik dan 21.143 penumpang turun di stasiun tersebut.

 Stasiun-stasiun lain yang juga ramai adalah Lubuklinggau, Lahat, Prabumulih, Muara Enim, Tebing Tinggi Payakabung, dan Kota Padang.

BACA JUGA:Optimalkan Kinerja Mobil Anda: Mengenal Tanda-tanda Busi Lemah dan Strategi Mengatasi Masalahnya

Aida Suryanti, Manager Humas KAI Divre III Palembang, mengungkapkan bahwa okupansi (tingkat keterisian) pada periode ini mengalami peningkatan rata-rata 18% dibandingkan dengan Masa Angkutan Lebaran 2023, di mana pada tahun tersebut terdapat 59.250 pelanggan yang berangkat.

Peningkatan jumlah penumpang dalam Angkutan Lebaran 2024 dipengaruhi oleh penambahan rangkaian kereta Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang dari tanggal 3 hingga 18 April, dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024.

Selama masa ini, KAI Divre III mengoperasikan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP), dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP).

Puncak arus mudik terjadi pada 6 April 2024 (H-4 Lebaran) dengan jumlah penumpang mencapai 3.413 orang, sementara pada masa arus balik, penumpang tertinggi terjadi pada tanggal 12 April 2024 (H+1 Lebaran) dengan 3.573 penumpang, merupakan tanggal keberangkatan tertinggi selama Angkutan Lebaran 2024.


Aida Suryanti Manager Humas PT KAI Divre III Palembang--Foto : Ekky - PALTV

KAI Divre III Palembang menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelayanan selama Masa Angkutan Lebaran 2024.

Dukungan termasuk penjagaan keamanan dari TNI/Polri di stasiun dan jalur KA, dukungan Forkompinda, BUMD, dan swasta dalam pelaksanaan mudik gratis lebaran menggunakan kereta api, serta rekan-rekan media cetak, online, elektronik, dan komunitas pencinta KA yang membantu memberikan informasi selama masa Angkutan Lebaran.

Aida menyimpulkan bahwa kelancaran arus mudik dan balik di wilayah KAI Divre III adalah hasil dari dukungan semua pihak terkait.

Dukungan ini juga mempengaruhi peningkatan okupansi pelanggan yang memilih transportasi KA sebagai pilihan utama selama Masa Angkutan Lebaran 2024, dengan fokus pada keselamatan, keamanan, ketepatan waktu, fasilitas, dan penurunan tingkat kecelakaan dibandingkan dengan transportasi darat lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: