Naniura, Masakan Sejenis Sashimi Ala Batak Jadi Buruan Pecinta Kuliner

Naniura, Masakan Sejenis Sashimi Ala Batak Jadi Buruan Pecinta Kuliner

Orang Batak menyukai masakan ala Sashimi yakni ikan mentah segar yang dibumbui dengan rempah khas orang Batak.--instagram.com/@bangsobatakjabuide

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sashimi , nama makanan laut segar mentah yang disajikan dengan kecap asin dan sedikit parutan jahe dan wasabi, merupakan makanan yang digemari oleh rakyat Jepang dan Korea. Namun, makanan sejenis ini juga ada di Indonesia, khususnya di tanah Toba. Dengan racikan sedikit berbeda, Sashimi ala Batak menjadi makanan istimewa yang hanya disajikan pada moment tertentu.

Ikan segar, udang, dan jenis kerang kerangan, makanan ala Jepang ini pasti sudah tidak asing lagi di kalangan kaum muda. Sashimi sendiri berarti menikmati makanan dalam keadaan mentah. 

Di Tanah Batak, atau tepatnya di Toba dan sekitarnya ada makanan khas yang penyajiannya sangat mirip dengan sashimi. Naniura namanya, atau lebih dikenal dengan julukan Sashiminya orang Batak.

Makanan yang berbahan baku ikan segar dan dilumuri dengan bumbu lengkap yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kacang tanah, kunyit, batang kecombrang, yang digiling halus. Makin sempurna rasanya dengan penambahan asam khas batak dan jeruk andaliman yang hanya ada di daerah Batak. 

BACA JUGA:Wisata Religi Palembang, Al-Qur'an Al-Akbar Terbesar di Dunia

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad: Haji Cukup Satu Kali, Umroh Jangan Berkali-kali

Naniura sendiri tidak diperjual belikan di restoran layaknya makanan khas batak lainnya. Konon, Naniura ini adalah makanan yang sangat istimewa yang hanya diperuntukkan untuk menjamu keluarga kerajaan.

 Hanya koki kerajaan yang diperbolehkan masak ikan jenis ini. Jenis ikannya pun ikan endemik Danau Toba. Karena semakin sulit jenis ikan endemik ini ditemukan, maka sekarang diganti dengan ikan mas, mujair dan ikan gabus. 

Proses permentasi ikan inipun memakan waktu bisa 4 sampai 5 jam, untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat.

Bagi penggemar makanan mentah, tentunya akan menambah sensasi tersendiri untuk mencicipinya. Aroma rempah dan rasa daging ikan segar yang telah diasami tentu akan menjadi sesuatu yang istimewa. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ada Kampung Tuna Netra di Palembang

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri Muba Amankan 2 Boks Berkas dari Gedung Dinas Perkim

Akan berbeda lagi bagi mereka yang baru kali pertama mencoba masakan ini, akan terasa begitu aneh di lidah. Disinilah letak sensasi dan keunikan yang kita dapatkan ketika mencoba masakan satu ini. Rasa asam, pedas yang menggugah selera. 

Masakan satu ini sekarang menjadi buruan para wisatawan yang sedang berkunjung ke Sumatera Utara atau Toba. Naniura biasanya menjadi buruan para perantau yang sudah lama merindukan masakan khas Toba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber