Wisata Religi Palembang, Al-Qur'an Al-Akbar Terbesar di Dunia

Wisata Religi Palembang, Al-Qur'an Al-Akbar Terbesar di Dunia

Alquran raksasa jadi pilihan wisata religi di kota Palembang. Terbuat dari kayu yang diukir menjadikan Alquran ini terbesar dan terberat di dunia.-- instagram.com/@pesonasiwijaya

PALEMBANG,PALTV.CO.ID – Berwisata religi di  Palembang, dapat mengunjungi AL-Quran Al-Akbar. Berlokasi di kawasan Gandung, tepatnya di lingkungan pesantren  Al Ihsaniyah Gandus. Alquran raksasa ini dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Al-Qur'an terbesar dan terberat di dunia. 

Sebab desain dan kemegahannya begitu mengagumkan sebagai media menuangkan kalam ilahi, dalam bentuk huruf-huruf yang di ukir indah pada kayu jati dan trembesi ukuran besar.

H.Syofwatillah Mohzaib, S.Sos I, merupakan sang pemilik Pondok Pesantren Al Ihsaniyah sekaligus pemrakarsa Museum Alquran Al Akbar. Menurut mantan anggota DPR RI ini, awalnya sekadar bermimpi membuat Al Quran raksasa. Dirinya terinspirasi ketika menjadi seorang penulis kaligrafi di Masjid Agung Palembang sekitar tahun 2000 an.

Untuk proses pembuatan Al-Quran Al-Akbar dibuat dari tahun 2002 sampai 2009. Untuk 30 juz Al- Quran berwujud lembaran kayu ukuran besar yang disambung-sambungkan menyerupai lembaran buku Alquran. Dibuat  dengan ciri khas kayu Palembang yaitu trembesi.

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad: Haji Cukup Satu Kali, Umroh Jangan Berkali-kali

BACA JUGA:Rumah Kentang di Jakarta Selatan Paling Berhantu

Untuk penulisan Al-Quran Al-Akbar juga ditulis dan disempurnakan oleh tim yang terdiri dari 30 orang untuk menggergaji, mengukir, serta finishing berupa pengecatan kayu.

Adapun proses pembuatan Al-Quran Al-Akbar ini bahwa ayat-ayat suci yang terukir pada kayu Tembesi itu tidak langsung di pahat namun prosesnya dimulai dari ditulis melalui kertas karton. Kemudian dijiplak ke kertas minyak.

Sebelum penyiapan papan, terlebih dulu penulisan di cek oleh tim penulisan. Kemudian setelah pengukiran selesai selanjutnya dilakukan proses pemberian warna. Warna emas untuk mewakili budaya Palembang atau warna keemasan kerajaan Sriwijaya. Jadi tidak meninggalkan seni budaya Palembang sendiri.

Al-Quran Al- akbar ini juga dapat dinikmati masyarakat untuk berwisata religi. berelamatkan di kompleks pondok pesatrenn Pesantren Al Ihsaniyah di Jl M Amin Kecamatan Gandus Palembang. 

BACA JUGA:Tradisi Aneh Suku Mangbetu Bentuk Kepala Seperti Alien

BACA JUGA:FC Barcelona Biarkan Jordi Alba Pergi demi Menggaji Pemain Baru?

Saat kita datang akan disambut serta diarahkan ke ruangan transit untuk mendapatkan penjelasan singkat mengenai sejarah dan ukuran Al-Quran terbesar ini. 

Selanjutnya akan diarahkan dan diberi informasi dimulai dari sejarah pembuatan hingga ukuran, pengunjung diarahkan ke ruangan utama Al-Quran terbesar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber