Mengungkap Rahasia Sistem Contraflow dan Teknik Berkendara Terbaik

Mengungkap Rahasia Sistem Contraflow dan Teknik Berkendara Terbaik

Mengungkap Rahasia Sistem Contraflow dan Teknik Berkendara Terbaik--wuling.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Sistem contraflow telah menjadi salah satu strategi yang penting dalam mengatur lalu lintas di kota-kota besar.

Namun, bagi pengguna jalan, pemahaman yang mendalam tentang sistem ini sangatlah penting. 

Artikel ini akan membahas tentang apa itu sistem contraflow, bagaimana cara kerjanya, tips untuk berkendara di dalamnya, skema pengaturan yang digunakan, dan perbedaannya dengan sistem lain seperti one way dan ganjil genap.

Pengertian Sistem Contraflow

BACA JUGA:Pertahanan Industri Otomotif Amerika, Potensi Larangan Mobil Listrik China

Sistem contraflow adalah sebuah metode pengaturan lalu lintas yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan dengan cara memanfaatkan jalur arah berlawanan.

Dalam sistem ini, satu atau beberapa jalur diarahkan ke arah yang berlawanan dengan arah normalnya. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan ruang jalan yang tersedia, terutama saat lalu lintas sedang padat.

Skema Contraflow

Skema contraflow biasanya dapat terapkan jika terjadi kemacetan parah atau volume kendaraan yang sangat tinggi. Penerapan ini juga atas pertimbangkan jumlah kepadatan pemudik di jalan.

BACA JUGA:H. Bakti Setiawan Mengundurkan Diri Sebagai Presiden Sriwijaya FC

Ketika volume arus balik melampaui 5.500 unit kendaraan, maka sistem contraflow akan diterapkan. Jika jumlah kendaraan mencapai lebih dari 6.000, maka akan diterapkan contraflow dengan dua jalur.

Sedangkan, jika jumlah kendaraan melebihi 7.000, maka akan dilakukan contraflow dengan tiga jalur.

Skema contraflow ini dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan serta kondisi lalu lintas di pada suatu wilayah. Beberapa skema yang umum digunakan yaitu:

Temporary Divider merupakan Pengaturan jalur contraflow yang menggunakan pembatas sementara untuk memisahkan arah lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber