Ini Kriteria Pj Walikota Prabumulih Menurut Anggota Dewan

Ini Kriteria Pj Walikota Prabumulih Menurut Anggota Dewan

Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih akan berakhir pada September 2023.-Benny Firdaus-PALTV

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Dengan berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih pada September 2023, tentunya jabatan Walikota akan diduduki oleh seorang Pj yang ditunjuk langsung Mendagri.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Prabumulih dari Partai PAN Feri Alwi memiliki pandangan tersendiri terkait sosok yang tepat menjadi Pj Walikota Prabumulih.

Menurut Feri Alwi, jabatan Pj sebaiknya diduduki oleh orang asli dan tinggal di Prabumulih, sehingga lebih memahami kondisi, situasi daerah dan karakter masyarakatnya.

Sama seperti pilihan Ridho Yahya, Feri Alwi pun mendukung Sekda Prabumulih Elman menjadi Pj Walikota. Selain asli Prabumulih, Elman juga sudah cukup lama berdinas dan banyak menduduki jabatan di Pemerintah Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Wuih Merinding, 5 Museum Ini Paling Seram di Dunia!

BACA JUGA:Kalahkan LA Lakers, Denver Nuggets Berhasil Kunci Tiket Final NBA 2023


Sekretaris Komisi II DPRD Kota Prabumulih Feri Alwi mendukung Sekda Prabumulih Elman menjadi Pj Walikota Prabumulih, Rabu (24/5/2023).-Benny Firdaus-PALTV

"Ini pandangan saya pribadi selaku anggota DPRD, saya mendukung yang disampaikan Pak Walikota tempo hari bahwa saudara Sekda dalam hal ini Pak Elman agar ditunjuk menjadi Pj oleh Pemerintah pusat, saya sangat mendukung itu," tegas Feri Alwi saat diwawancarai di Kantor DPRD Kota Prabumulih pada Rabu, 24 Mei 2023.

Jika pun yang terpilih sebagai Pj bukan Sekda Prabumulih, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Prabumulih ini mengungkapkan, paling tidak kriteria Pj Walikota adalah orang yang memahami masyarakat sehingga tidak kesulitan dalam menjalankan roda pemerintahan.


Elman, Sekda Prabumulih.-Benny Firdaus-PALTV

"Seandainya bukan Pak Elman yang ditunjuk menjadi Pj, kita berharap Pj yang terpilih harus memenuhi kriteria-kriteria yang saya sebutkan tadi, beliau harus memahami kondisi situasi Prabumulih seperti apa, masyarakat Prabumulih seperti apa," ujar Feri Alwi.

Meski di tingkat DPRD Kota Prabumulih belum membahas usulan Pejabat Walikota yang akan dikirim ke Kemendagri, akan tetapi politisi PAN ini berharap Pemerintah pusat mempertimbangkan hal-hal yang disampaikannya. Menurut Feri Alwi, memimpin suatu daerah itu bukan suatu hal mudah. Dirinya kembali menegaskan bahwa seorang Pj tentu harus memahami bagaimana roda pemerintahan di daerah yang akan dipimpin.*

Sumber: paltv