Arus mudik di Bandara SMB II meningkat 18 Persen Dibanding tahun 2023

Arus mudik di Bandara SMB II meningkat 18 Persen Dibanding tahun 2023

Arus mudik di Bandara SMB II meningkat 18 Persen Dibanding tahun 2023-Foto/Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, pada arus mudik lebaran dari H-7 hingga H-3, tercatat sudah melayani sekitar 385 pergerakan pesawat dengan jumlah penumpang 58.636 orang.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 18 persen jika dibandingkan dengan arus mudik tahun 2023 dan meningkat sekitar 30 hingga 40 persen di banding hari libur biasa.

Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Iwan Winaya Mahdar mengatakan, puncak arus mudik tertinggi di bandara SMB II Palembang terjadi pada H-4 sebelum lebaran, setidaknya ada 87 pergerakan pesawat, dengan jumlah penumpang 12.155 orang.

"Kemarin kami sudah mencatat, di H-4, yang tercatat di kami (SMB II Palembang) hampir kurang lebih 87 pergerakan pesawat, dengan penumpanh sekitar 12.155 penumpang, baik yang datang maupun yang berangkat" Ujar Iwan Winaya Mahdar, EGM Bandara SMB II Palembang.

BACA JUGA:6 Unit Rumah di Palembang Terbakar, Satu Korban Tewas Terjebak Dalam WC

Lebih lanjut menurut Iwan, pada puncak arus mudik lebaran tahun ini, menjadi puncak tertinggi sepanjang tahun 2020 hingga tahun 2024 setelah pandemi covid-19.

"Puncak mudik pada penerbangan H-4 menjadi yang tertinggi setelah covid, berdasarkan data sepanjang tahun 2020 hingga 2024 ini, kami catat 87 perbangan dalam 1 hari menjadi yang tertinggi, sementara jika dibandingkan dengan puncak mudik lebaran tahun 2023, hanya mencapai 67 pergerakan pesawat" Ujar Iwan Winaya Mahdar, EGM Bandara SMB II Palembang.


Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Iwan Winaya Mahdar-Foto/Ekky Saputra-PALTV

iwan menambahkan, untuk rute penerbangan yang mendominasi pada arus mudik lebaran tahun ini, ada 3 tujuan mayoritas, yakni bandara Soekarno-Hatta-Jakarta, Halim Perdana Kusuma-Jakarta dan Batam.

"Untuk top destinasi ada 3, yang pertama Soekarno-Hatta, yang kedua Halim dan yang ketiga batam" tutup Iwan Winaya Mahdar, EGM Bandara SMB II Palembang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: