Peringatan Penting: Dampak Buruk Ketika Bensin Mobil Terkontaminasi Air

Peringatan Penting: Dampak Buruk Ketika Bensin Mobil Terkontaminasi Air

Peringatan Penting: Dampak Buruk Ketika Bensin Mobil Terkontaminasi Air--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Belakangan ini, berita mengenai salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Bekasi, Jawa Barat, yang diduga mencampurkan BBM jenis Pertalite dengan air, menjadi perbincangan hangat.

Kejadian bensin tercampur air ini sebelumnya viral di media sosial. Salah satu postingan bahkan menyebutkan bahwa sekitar 10 kendaraan mogok setelah mengisi BBM di SPBU tersebut.

Pengguna media sosial tersebut juga membagikan foto BBM yang terhisap dan dimasukkan ke dalam botol air mineral, memperlihatkan bensin yang tercampur dengan air.

PT Pertamina Patra Niaga, selaku pengelola SPBU di Bekasi, Jawa Barat, menyatakan kesiapannya untuk bertanggung jawab atas insiden bensin tercampur air yang menyebabkan sejumlah kendaraan mogok.

BACA JUGA:Wajib Tahu ini Review Jujur 5 Bulan Penggunaan Motor Listrik Polytron Fox R

 Dikutip dari CNN Indonesia, Area Manager Komunikasi, Hubungan Masyarakat, dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Regional Jawa Barat Banten (JBB)  Pertamina, Eko Kristiawan, mengungkapkan bahwa SPBU 34.17106 di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 100, Kota Bekasi, akan menangani perbaikan kendaraan yang rusak dan mengganti BBM konsumen dengan Pertamax.

Dalam releasenya, menyebutkan, pasti dapat diperkirakan bahwa kendaraan akan mengalami gangguan dalam perjalanan, bahkan bisa mati dan sulit untuk dihidupkan kembali.

Ini merupakan salah satu tanda bahwa air telah masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air bukanlah teman baik untuk sistem bahan bakar kendaraan kita; keberadaannya bisa menyebabkan mogok.

Biasanya, air masuk ke dalam sistem bahan bakar kendaraan melalui tangki BBM mobil. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada tangki atau juga oleh BBM yang sudah terkontaminasi air di SPBU, seperti yang terjadi dalam kasus akhir-akhir ini.

BACA JUGA:Pasang Surut Hubungan China Indonesia Dalam Kurun 74 Tahun, Di Tengah Kunjungan Prabowo

Meskipun pabrikan telah mengantisipasi masalah ini dengan memasang sekat-sekat anti-air, peluang terjadinya kebocoran tetap ada.

Namun, bagaimana kita dapat mengetahui jika air telah masuk ke dalam tangki bahan bakar? Berdasarkan liputan6.com, berikut adalah beberapa tanda-tanda bahwa air telah merembes ke dalam tangki bensin:

1. Kondisi Tangki

 Secara periodik, periksa kondisi tangki mobil. Jika terdapat karat, itu menandakan bahwa air telah masuk ke dalam tangki. Pasalnya, air memiliki massa jenis yang lebih tinggi sehingga cenderung mengendap di dasar tangki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber