Penyebab Lampu Indikator Aki Mobil Menyala : Mengungkap Kendala Umum Supir Harus Paham

Penyebab Lampu Indikator Aki Mobil Menyala : Mengungkap Kendala Umum Supir Harus Paham

Lampu indikator aki yang menyala pada mobil --Foto : ss youtube tips otomotif channel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lampu indikator aki yang menyala pada mobil adalah salah satu masalah yang sering ditemui oleh para pengemudi.

Ini adalah tanda peringatan yang sangat penting karena menunjukkan adanya masalah dengan sistem pengisian listrik mobil.

Jika dibiarkan tanpa perbaikan, masalah ini dapat mengakibatkan kegagalan pengisian baterai dan bahkan bisa membuat mobil mati di tengah jalan.

Oleh karena itu, penting bagi para pengemudi untuk memahami penyebab umum di balik lampu indikator aki yang menyala agar dapat mengatasi masalah dengan tepat.

BACA JUGA:Untung Atau Rugi Mengasuransikan Mobil?. Simak Penjelasannya

1. Aki yang Lemah atau Rusak

Salah satu penyebab paling umum dari lampu indikator aki yang menyala adalah aki mobil yang lemah atau rusak.

Aki yang tidak mampu mempertahankan muatan yang mencukupi akan menyebabkan sistem pengisian listrik bekerja lebih keras untuk mencoba mengisi aki. Hal ini dapat mengakibatkan lampu indikator aki menyala.

Penyebab kelemahan atau kerusakan pada aki bisa bermacam-macam, mulai dari usia aki yang sudah tua, sel elektrolit yang berkurang, hingga koneksi yang buruk.

BACA JUGA:GWM Siap Merajut Jejak Mobil Listrik di Indonesia

 

2. Alternator yang Bermasalah

Alternator adalah komponen kunci dalam sistem pengisian listrik mobil. Tugas utamanya adalah menghasilkan listrik dan mengisi aki saat mesin mobil berjalan.

Jika alternator mengalami kerusakan atau kegagalan, aki tidak akan terisi dengan benar dan lampu indikator aki akan menyala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber