Selama Ramadan, UDD PMI Kota Palembang Lakukan Jemput Bola

Selama Ramadan, UDD PMI Kota Palembang Lakukan Jemput Bola

Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang jemput bola selama Ramadan, Selasa (19/3/2024).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang telah mengadakan kegiatan donor darah sebelum memasuki bulan Ramadan.

Namun, stok darah selama bulan suci Ramadan mengalami penurunan atau saat ini hanya tersedia sebanyak 300 hingga 500 kantong darah, lantaran mayoritas pendonor darah beragama Islam serta sedang berpuasa.

“Dalam memasuki bulan Ramadan ini tidak dipungkiri mengalami penurunan, karena para pendonor darah biasanya banyak yang berpuasa. Tetapi, kita sudah mengantisipasi keadaan ini dengan melakukan persiapan stok darah dari sebelum bulan Ramadan. Kalau untuk jumlah stok darahnya sih tidak bisa kita pastikan, karena sifatnya fluktuatif. Mungkin di sekitar 300 sampai 500 kantong darah,” kata Kepala UDD PMI Kota Palembang dr Ajeng Intan Estrie Amanda pada hari Selasa, 19 Maret 2024.

Kepala UDD PMI Kota Palembang dr Ajeng Intan Estrie Amanda mengatakan, untuk mencukupi stok darah selama bulan Ramadan ini, UDD PMI Kota Palembang melakukan langkah jemput bola dari pendonor darah yang beragama non Islam, seperti mendatangi sejumlah tempat ibadah Gereja hingga Vihara.

BACA JUGA:Siap-siap, Disdik Palembang Ajukan 1.504 Formasi Guru PPPK Tahun 2024


dr Ajeng Intan Estrie Amanda, Kepala UDD PMI Kota Palembang, Selasa (19/3/2024).-Hafid Zainul-PALTV

“Ya, alhamdulillah dibantu sekali sama teman-teman kita yang tidak sedang menjalankan ibadah puasa, seperti pendonor non Islam. Setiap Sabtu dan Minggu kita pasti menjemput bola di tempat ibadah Gereja hingga Vihara,” ujar dr Ajeng Intan Estrie Amanda.

Dalam mempersiapkan momen mudik mendatang, UDD PMI Kota Palembang menggelar kegiatan donor darah bertepatan pada tanggal 5 sampai dengan 7 April 2024 di kawasan Palembang Trade Center (PTC) Mall.

“Di hari lebaran memang biasanya stok darah juga turun, kita sudah mengantisipasinya dengan mengadakan kegiatan donor darah di tanggal 5, 6, dan 7 April 2024, yang bertempat di Mini Atrium PTC Mall. Jadi, teman-teman yang memang sudah saatnya donor darah, kita imbau ikut donor darah di tanggal tersebut. Di sana akan ada hadiah yang meriah juga doorprize. Kita berharap dapat mengamankan stok darah di bulan Ramadan ini,” pungkas Kepala UDD PMI Kota Palembang dr Ajeng Intan Estrie Amanda.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv