Apa Manfaat Segitiga Keamanan Jalan Raya? Ini adalah Fungsi Sebenarnya

Apa Manfaat Segitiga Keamanan Jalan Raya? Ini adalah Fungsi Sebenarnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Segitiga Keamanan Jalan Raya --Foto : freepik.com/@prostooleh

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Penting untuk memahami fungsi segitiga keselamatan jalan raya. Meski dianggap penting, namun banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya.

Alat ini biasanya dikemas dalam tas atau pouch. Untuk lebih memahaminya, silahkan simak ulasan berikut ini:

Apa itu segitiga pengaman mobil?

Segitiga pengaman merupakan bagian dari perlengkapan keselamatan mobil, seperti halnya ban serep atau alat dongkrak. Seperti namanya, segitiga pengaman kendaraan digunakan untuk menandakan ada yang tidak beres pada kendaraan Anda, sehingga Anda tetap aman saat mobil Anda diperbaiki di jalan.

BACA JUGA:Sebelum Menyewa Mobil, Perhatikan 10 Hal Terlebih Dahulu,

Penggunaan segitiga pengaman ini diatur dengan undang-undang. Agar adil, UU No. Tahun 22 2009 Pasal 57.3C dan Pasal 121 Undang-undang tersebut mewajibkan pengendara sepeda motor atau kendaraan roda empat lainnya menggunakan segitiga pengaman untuk menunjukkan atau memberi isyarat bahwa ada yang tidak beres pada kendaraannya.

Kegagalan mematuhi undang-undang ini akan mengakibatkan hukuman pidana, termasuk 2 bulan penjara dan denda Rp500.000 berdasarkan Pasal 298. Sedangkan jika tidak membawa perlengkapan, Anda akan didenda Rp250.000. Atau sebulan penjara. Hal ini diatur pada Pasal 278.

Segitiga aman ini dibuat berbentuk segitiga yang sudut dan sisinya sama besar, ditandai dengan warna merah. Alat ini berukuran lebar 5cm dan panjang 4cm dengan lubang di tengahnya. Penggunaan warna merah pada segitiga pengaman memberikan efek reflektif jika terkena lampu depan mobil.

Dalam ketentuan Kementerian Perhubungan yang ditentukan dalam Peraturan N0. Tahun 22 2009 Pasal 13. Segitiga pengaman tidak boleh dimuat secara tidak sengaja. Letaknya harus pada jarak 4 meter di belakang dan di depan kendaraan yang diparkir. Dan jarak lateralnya tidak lebih dari 40 cm. Bila dipasang di jalan ramai dengan arus lancar, jarak pemasangan 10 meter. Kalau dipasang di jalan tol bisa mencapai 100 meter.

BACA JUGA:Apakah AC Mobil Bergetar Menimbulkan Bunyi Desis? 12 Berikut Alasan dan Cara Melakukannya.


Fungsi Segitiga Pengaman Mobil – --Foto : freepik.com/@menguasai1305

 

Fungsi Segitiga Pengaman Mobil

Segitiga pengaman mobil memiliki beberapa fitur penting:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber