Kemenkumham Sumsel Kuatkan Pembangunan Zona Integritas, Budaya Antikorupsi dan SPIP kepada Seluruh Jajaran

Kemenkumham Sumsel Kuatkan Pembangunan Zona Integritas, Budaya Antikorupsi dan SPIP kepada Seluruh Jajaran

Kemenkumham Sumsel kuatkan pembangunan Zona Integritas, budaya antikorupsi dan SPIP kepada seluruh jajaran, Rabu (6/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bertempat di Hotel The Alts Palembang, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kemenkumham Sumsel) menggelar kegiatan Penguatan Pembangunan Zona Integritas, Budaya Antikorupsi dan Pendampingan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada hari Rabu, 6 Maret 2024.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel Rahmi Widhiyanti. Peserta kegiatan terdiri dari pengelola aplikasi E-RB dan penyusun laporan SPIP dari Kantor Wilayah (Kanwil) dan 28 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel.

Pada saat membuka kegiatan, Kepala Divisi Adiministrasi Rahmi Widhiyanti menyampaikan arahannya bahwa pintu masuk pelaksanaan reformasi birokrasi untuk terselenggaranya good governance dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, serta mampu memberikan pelayanan publik yang semakin baik dari waktu ke waktu adalah melalui pembangunan Zona Integritas (ZI).

"Untuk mewujudkan WBK/WBBM diperlukan suatu SPIP yang andal dan terpercaya. Keberhasilan SPIP dibuktikan dengan tingkat maturitas (kematangan) penilaian penyelenggaraan SPIP," kata Rahmi Widhiyanti.

BACA JUGA:Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Munggahan Sambut Bulan Suci Ramadan


Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rabu (6/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Kepala Divisi Administrasi juga menerangkan betapa pentingnya menyusun manajemen risiko sebagai bentuk mitigasi untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance).

Dalam kegiatan ini, para peserta pada hari pertama dan kedua mendapat materi mengenai Pembangunan Zona Integritas, Pendampingan SPIP, dan Evaluasi Manajemen Risiko yang diberikan narasumber dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham dan BPKP Provinsi Sumsel.

Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti berharap kepada para peserta setelah mengikuti kegiatan dapat memahami unsur-unsur dan subunsur SPIP, penilaian SPIP terintegrasi dengan penilaian MRI, karakteristik tingkat maturitas (kematangan) penyelenggaraan SPIP, serta penilaian dan evaluasi Manajemen Risiko.


Peserta kegiatan terdiri dari pengelola aplikasi E-RB dan penyusun laporan SPIP dari Kanwil dan 28 UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rabu (6/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Turut hadir dalam kegiatan Penguatan Pembangunan Zona Integritas, Budaya Antikorupsi dan Pendampingan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) ini Kepala Bagian Program dan Humas Yulizar, Kepala Bagian Umum Tri Purnomo, Kasubbag Humas RB dan TI Hamsir, Kasubbag Kepegawaian TU dan Rumah Tangga Bulan Mahardika, serta Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN Benni Risky.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: