Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Munggahan Sambut Bulan Suci Ramadan

Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Munggahan Sambut Bulan Suci Ramadan

Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel hadiri Munggahan sambut bulan suci Ramadan, Rabu (6/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel menghadiri kegiatan Munggahan Menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024 M pada hari Rabu, 6 Maret 2024.

Kegiatan Munggahan Menyambut Bulan Suci Ramadan tersebut untuk memperkuat dan menginternalisasi nilai-nilai spiritual, akhlak dan moral pegawai di lingkungan Kemenkumham.

Kegiatan Munggahan mengusung tema “Jadikan Bulan Ramadan sebagai Momentum Melatih Kesabaran, Menggapai Ketaqwaaan, dan Mensyukuri NikmatNya dengan Saling Berbagi", dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto beserta seluruh pegawai.

Direktur Jenderal HAM Dhahana Putra yang mewakili Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menerangkan istilah “munggahan”. Menurutnya, dalam bahasa Sunda munggahan berarti naik ke tempat lebih tinggi dan mulia.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Mendorong Inovasi, Pendaftaran Indikasi Geografis dan Merek Kolektif Khas Sumsel


Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya beserta seluruh pegawai, Rabu (6/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Maka dari itu, acara seperti munggahan dan ceramah keagamaan mengandung beberapa hikmah yang bermanfaat bagi kehidupan untuk mencapai derajat yang tinggi dan mulia.

“Sebagai bentuk rasa syukur atas berbagai nikmat, terutama nikmat panjang umur dalam keadaan sehat wal’afiat, sehingga kita bisa terus berbuat kebaikan dan beramal saleh di bulan suci Ramadan,” ucap Dirjen HAM Dhahana Putra.

Dhahana Putra mengimbau agar dapat memanfaatkan momentum yang baik bulan suci Ramadan untuk saling memaafkan juga mensucikan diri dari berbagai penyakit hati seperti sombong, marah, dengki, rasa benci, dan permusuhan.

Dirjen HAM Dhahana Putra mengajak semua hal negatif pada diri diganti dengan rasa rendah hati, saling cinta, ikhlas, dan memaafkan. Sehingga, amal kebaikan pada bulan suci Ramadan medapat ridha Allah SWT.

BACA JUGA:Memperkuat Pelayanan Kesehatan Narapidana, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Terima Tambahan Tenaga Medis PPPK


Kegiatan Munggahan Menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024 M, Rabu (6/3/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Dirjen HAM Dhahana Putra juga berharap pelaksanaan tugas dan fungsi melayani masyarakat Kemenkumham bisa menjadi semakin berdampak terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

"Kami selaku perwakilan dari pimpinan senantiasa berharap agar pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham di dalam melayani masyarakat dapat semakin berdampak terhadap bangsa dan negara. Utamanya melalui implementasi nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK dan Tata Nilai PASTI," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: