Antusiasme Tinggi Iringi Persiapan Cap Go Meh Pulau Kemaro

Antusiasme Tinggi Iringi Persiapan Cap Go Meh Pulau Kemaro

Antusiasme Tinggi Iringi Persiapan Cap Go Meh Pulau Kemaro -foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Menjelang perayaan Cap Go Meh yang akan digelar di Pulau Kemaro Palembang pada 22 hingga 23 Feberuari 2024, antusiasme tinggi terlihat dari sejumlah pihak yang terlibat dalam persiapannya. 

Mulai dari pihak yang memasang jembatan ponton sebagai akses bagi para pengunjung, hingga para pedagang oleh-oleh yang memasangan sejumlah lapak oleh-oleh.

Kapten Kapal Ponton, Abdul Rozak mengatakan untuk akses ke pulo kemarao di pasang 6 unit Kapal Ponton dengan masing-masing sepanjang 30 meter. Pemasangan sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam pada 19 Februari lalu. 

“Kemarin kita mulai pasang sekitar jam 8, dan sekitar setengah 9 sudah bisa dilewati. Ada 6 buah ini, satu tongkang ini panjangnya 30 meter, jadi untuk jembatan ini sepanjang 180an, karena ada 6 tongkang kan.” Tungkas Abdul Rozak.

BACA JUGA:Perkenalkan Whoosh, Kereta Cepat Terbaru yang Menghubungkan Jakarta dan Bandung

Sementara itu, Pedagang oleh-oleh, Tari mengatakan, menjelang perayaan Cap Go Meh lapak pedagang oleh-oleh sudah selesai dipindahkan ke bagian dalam pulo kemaro. Beragam jenis oleh-oleh disiapkan, mulai dari barongsai mini, aksesoris, dan lainnya.


Antusiasme Tinggi Iringi Persiapan Cap Go Meh Pulau Kemaro -foto/Sandy Pratama-PALTV 

Dengan perayaan Cap Go Meh ini, para pedagang oleh-oleh antusias, karena biasanya pejualan akan meningkat 2 kali lipat, dengan mayoritas pembeli berasal dari luar kota Palembang. Sementara barang yang paling laku yakni gantungan kunci yang dibandrol 10 ribu rupiah per item, hingga kaos yang dibandrol 100 ribu rupiah untuk 3 pieces.


Pedagang oleh-oleh pulau kemaro, Tari-foto/Sandy Pratama-PALTV

“kita jual oleh-oleh sih. Biasanya pembeli orang-orang dari luar, sepeperti dari Jawa dan Lampung. Di Cap Go Meh ini biasanya penjualan meningkat tinggi, karena banyak pembeli dari luar kota, jadi kalau hari biasa yang laku hanya sekitar 50 pieces ya, tapi kalau cap gomeh bisa 99 pieces yang laku.” Ungkap Bahagia Tari.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber