Inilah Tips-tips Agar Baterai Motor Listrik Anda Dapat Tetap Awet!

Inilah Tips-tips Agar Baterai Motor Listrik Anda Dapat Tetap Awet!

Inilah Tips-tips Agar Baterai Motor Listrik Anda Dapat Tetap Awet!--youtube.com/@bapakcanggih

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Akhir-akhir ini jumlah masyarakat yang memiliki motor listrik kian bertambah, hal ini pun juga didorong oleh banyaknya jenis motor listrik dan dorongan subsidi pemerintah agar masyarakat mau memiliki motor listrik ini. 

Sebagian masyarakat merasa senang memiliki motor listrik ini, entah karena biaya operasional nya sangat murah atau pun pengalaman mengendarai motor ini yang berbeda dengan motor berbahan bensin lainnya. 

Namun, motor listrik pun juga tidak terhindar dari kendala-kendala yang akan dialami. Salah satu komponen yang menjadi ke khawatiran pemilik motor ini ialah baterai motor listrik

Baterai memegang peran penting dalam kinerja motor listrik. Baterai motor listrik cendrung menjadi bahan pertimbangan calon pembeli motor listrik.

BACA JUGA:Panduan Praktis Cara Mengatasi Lampu Motor yang Redup Saat Gas Ditambah

Dikarenakan sifat baterai itu sendiri yang mungkin mengalami penurunan performa sehingga jarak jangkauan motor listrik berkurang maupun kondisi baterai yang menjadi soak. 

Untuk menghindari apalagi mengatasi hal ini, sebagai calon pemilik atau yang sudah memiliki motor listrik sangat patut mengetahui beberapa tips ini agar baterai motor listrik Anda dapat terjaga.

Merawat baterai listrik dengan baik adalah suatu keharusan untuk memastikan motor listrik Anda tetap beroperasi dengan optimal dan untuk memperpanjang masa pakainya.

Berikut beberpa tips merawat baterai motor listrik agar tetap awet.

BACA JUGA:Rantai Pada Sepeda Motor Tidak Stabil Saat Digunakan Berkendara? Inilah 6 Fungsi Stabilizer Rantai Motor!

1. Hindari Overcharging

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah meninggalkan motor listrik terhubung dengan pengisi daya terlalu lama setelah baterai terisi penuh.

Overcharging dapat merusak sel-sel baterai dan mengurangi umur pakainya. Solusinya adalah menggunakan pengisi daya yang dilengkapi dengan fitur otomatis cut-off untuk menghindari overcharging yang tidak perlu.

2. Usahakan untuk Tidak Mengisi Ulang Baterai di Bawah 20 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber