Memantau Dengan Drone Lalu Lintas? Inilah 5 Manfaat Penggunaan Drone Untuk Pemantauan Lalu Lintas!

Memantau Dengan Drone Lalu Lintas? Inilah 5 Manfaat Penggunaan Drone Untuk Pemantauan Lalu Lintas!

Memantau Dengan Drone Lalu Lintas? Inilah 5 Manfaat Penggunaan Drone Untuk Pemantauan Lalu Lintas!-wirestock-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Drone lalu lintas merupakan sebuah perangkat pesawat tanpa awak yang digunakan untuk melakukan pemantauan kondisi arus lalu lintas hingga untuk melakukan pemeliharaan infrastruktur.

Jika dulu otoritas kepolisian di dunia menggunakan helikopter untuk dapat melakukan pemantauan pada lokasi tertentu, maka dengan adanya drone membuat pemantauan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Terlebih lagi pada beberapa drone tertentu telah dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti kamera dan sensor khusus.

Hal tersebut tentunya akan membuat proses pengawasan dapat berjalan dengan lebih baik. Berbagai teknologi tersebut yaitu seperti pemanfaatan sensor thermal, LIDAR, dan Radio Frequency Identification (RFID).

Pada tampilan desain luar dari drone yang digunakan untuk memantau lalu lintas umumnya dibuat dengan ketahanan yang lebih baik.

Khususnya ketahanan terhadap cuaca dan kondisi sekitar. Bahkan, saat ini telah dikembangkan drone yang mampu untuk terbang secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang dilakukan pada stasiun kontrol.

BACA JUGA:Alami Keterlambatan Pengiriman Logistik, TPS 070 di Padang Selasa Keteteran Hadapi Pemilih Luar Palembang

Lalu, apa saja manfaat dari drone lalu lintas ini? Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan drone yang digunakan untuk dapat melakukan pemantauan berbagai aktivitas kegiatan yang berkaitan dengan lalu lintas.

Pemantauan Arus Lalu Lintas Dapat Dilakukan Secara Real Time

Penggunaan drone dapat memberikan tampilan dengan sudut pandang dari udara yang dapat memberikan informasi secara langsung atau real time mengenai keadaan lalu lintas pada sebuah lokasi tertentu.

Seperti pada beberapa titik lokasi yang rawan terhadap kemacetan pada jam-jam tertentu, seperti pada pagi hari saat mobilitas orang berangkat kerja dan pada sore hari saat orang pulang kerja.

Hal ini tentunya dapat memungkinkan otoritas lalu lintas dan pihak berwenang untuk segera melakukan identifikasi terkait kemacetan, kecelakaan, ataupun pelanggaran lalu lintas.

Oleh karena itu, pihak berwenang dapat melakukan pemantauan melalui ruang kontrol khusus dan menganalisis kondisi tersebut dengan lebih detail.

Dapat Membantu Dalam Melakukan Rekayasa Arus Lalu Lintas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber