Cadangan Devisa Indonesia Turun menjadi 145,1 Miliar Dolar AS pada Januari 2024

Cadangan Devisa Indonesia Turun menjadi 145,1 Miliar Dolar AS pada Januari 2024

Cadangan Devisa Indonesia Turun menjadi 145,1 Miliar Dolar AS pada Januari 2024--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pada akhir bulan Januari 2024, Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa cadangan devisa Indonesia telah mencapai angka 145,1 miliar dolar AS.

Angka ini menunjukkan penurunan dari bulan sebelumnya, di mana pada akhir Desember 2023 cadangan devisa mencapai 146,4 miliar dolar AS.

Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi BI, menjelaskan bahwa penurunan ini disebabkan oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah yang jatuh tempo.

"Peningkatan posisi cadangan devisa ini antara lain dipengaruhi oleh jatuh tempo pembayaran utang luar negeri pemerintah," kata Erwin di Jakarta.

BACA JUGA:Auto2000 Luncurkan Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru Edisi Imlek Februari 2024

Menurut Erwin, saat ini cadangan devisa setara dengan pembiayaan impor selama 6,6 bulan atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Hal ini masih di atas standar kecukupan internasional yang sekitar tiga bulan impor.

BI menilai bahwa meskipun terjadi penurunan, cadangan devisa masih mampu memberikan dukungan bagi ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Lebih lanjut, BI memperkirakan bahwa cadangan devisa akan tetap memadai di masa mendatang.

Ini didukung oleh stabilitas ekonomi yang terjaga dan prospek ekonomi yang positif, seiring dengan respons kebijakan yang dilakukan oleh BI dan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Pertama di Dunia Honda Stylo 160 Versi Modifikasi, Simak Transformasi Yang Revolusioner

Selain itu, surplus neraca perdagangan Indonesia terus berlanjut, mencapai 3,31 miliar dolar AS pada Desember 2023.

Angka ini meningkat dibandingkan dengan surplus pada November 2023 yang sebesar 2,41 miliar dolar AS. BI menilai perkembangan ini sebagai hal yang positif untuk memperkuat ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Desember 2023 mencatat surplus sebesar 36,93 miliar dolar AS, melanjutkan capaian surplus pada periode yang sama tahun 2022 sebesar 54,46 miliar dolar AS.

Cadangan devisa negara adalah jumlah uang dalam mata uang asing yang dimiliki oleh suatu negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber