Karburator Motor Rusak, Inilah 7 Tanda Karburator Pada Sepeda Motor yang Mengalami Kerusakan!

Karburator Motor Rusak, Inilah 7 Tanda Karburator Pada Sepeda Motor yang Mengalami Kerusakan!

Karburator Motor Rusak, Inilah 7 Tanda Karburator Pada Sepeda Motor yang Mengalami Kerusakan!--foto: instagram-rexco.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Karburator mempunyai fungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar agar mesin motor dapat bekerja secara optimal.

Jika karburator mengalami kerusakan, maka dapat mengakibatkan berbagai masalah pada mesin motor seperti: tarikan mesin motor yang menjadi berat, konsumsi bahan bakar yang meningkat, dan emisi gas buang yang tidak sesuai dengan standar.nMasalah pada karburator ini umumnya akan terjadi jika perawatan sepeda motor tidak dilakukan secara rutin.

Pada dasarnya sistem injeksi dan karburator mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, pengendara sepeda motor sebaiknya mengetahui kerusakan yang biasa terjadi pada karburator ini.

Berikut ini beberapa tanda dari karburator motor yang rusak dan perlu untuk dilakukan perbaikan atau bahkan dilakukan penggantian.

Setelan Karburator yang Tidak Sesuai

Pada umumnya komponen karburator mempunyai dua sekrup penyetel yang bentuknya kecil. Kedua sekrup tersebut mempunyai fungsi sebagai pengatur dari masuknya bahan bakar dan untuk mengatur asupan udara.

BACA JUGA:Charger Laptop Cepat Rusak? Inilah 7 Tips Dalam Melakukan Perawatan Charger Pada Laptop Agar Lebih Awet!

Kedua sekrup tersebut sering kali dilakukan perubahan untuk dapat menyesuaikan putaran mesin agar menjadi lebih ideal. Setiap bagian sekrup jika diputar sedikit ataupun banyak tentunya akan sangat memengaruhi tenaga dari mesin motor.

Jika perbandingan antara udara dan bahan bakar yang bercampur tidak ideal maka akan mempengaruhi proses pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna, sehingga performa yang diberikan menjadi tidak maksimal.

Bahan Bakar Tidak Mengalir

Permasalahan ini umumnya terjadi karena bahan bakar tidak mengalir dari tangki menuju ke karburator. Hal ini dikarenakan sepeda motor yang masih menggunakan karburator tidak mempunyai fuel pump, sehingga aliran bahan bakar dari tangki menuju ke karburator hanya memanfaatkan gaya gravitasi.

Terjadi Kebocoran Bahan Bakar di Dalam Karburator

Terjadinya kebocoran bahan bakar di dalam karburator ini sering dialami oleh pengendara sepeda motor yang sering melakukan modifikasi sepeda motor.


Karburator Motor Rusak, Inilah 7 Tanda Karburator Pada Sepeda Motor yang Mengalami Kerusakan!--foto: instagram-cndracing.brt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber