Karburator Motor Nembak? Inilah 5 Cara Dalam Mengatasi Karburator Pada Sepeda Motor yang Tiba-Tiba Nembak!

Karburator Motor Nembak? Inilah 5 Cara Dalam Mengatasi Karburator Pada Sepeda Motor yang Tiba-Tiba Nembak!

Karburator Motor Nembak? Inilah 5 Cara Dalam Mengatasi Karburator Pada Sepeda Motor yang Tiba-Tiba Nembak--Foto : Instagram.com/@suryanation_motorland

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Karburator merupakan bagian penting yang bertanggung jawab terhadap pencampuran bahan bakar dengan udara, dimana akan terjadi sebuah proses untuk memastikan pembakaran yang efisien di dalam mesin motor.

Tanpa adanya karburator yang berfungsi dengan baik, performa mesin motor dapat terganggu sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien atau bahkan mesin motor dapat menjadi mati sepenuhnya.

Karburator mempunyai venturi dimana kecepatan udara akan menjadi meningkat saat melewatinya. Peningkatan kecepatan udara ini akan mengakibatkan penurunan tekanan yang akan menarik bahan bakar dari ruang bahan bakar.

Setelah bahan bakar diukur, karburator akan mencampurnya dengan udara dalam rasio yang tepat untuk dapat menghasilkan pembakaran yang optimal.

BACA JUGA:Upgrade Yamaha Mio Sporty Karburator dengan Karburator Supra X untuk Efisiensi Konsumsi yang Optimal!

Saat bahan bakar dan udara telah tercampur dengan baik maka campuran tersebut akan dikirim pada ruang bakar untuk dilakukan proses pembakaran.

Karburator dilengkapi dengan beberapa sistem seperti sistem idle dan sistem main. sistem idle yaitu sistem yang bekerja pada saat mesin berjalan pada putaran rendah.

Sementara, sistem main akan bekerja pada saat mesin berjalan pada putaran tinggi yang dapat memungkinkan karburator untuk mengatur rasio campuran udara dan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin motor.

Karburator mempunyai sistem pemanasan untuk dapat memastikan bahwa bahan bakar tetap berada dalam bentuk uap pada saat masuk ke ruang bakar, khususnya pada kondisi cuaca dingin.

BACA JUGA:Mengatasi Brebet Pada Mesin Beat Karburator Honda Beat Saat Gas Kecil

Salah satu masalah yang terkadang dialami pada karburator motor yakni dimana kondisi karburator pada sepeda motor yang tiba-tiba nembak.

Agar karburator tidak nembak, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan memastikan prinsip kerja karburator yang bekerja dengan baik.

Pada prinsipnya semakin cepat udara bergerak maka tekanan statis akan semakin kecil sehingga tekanan dinamis menjadi semakin tinggi.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan oleh pengendara pada saat karburator motor tiba-tiba nembak ketika sedang berada di perjalanan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id