Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Tekankan Pembuatan Administrasi Kependudukan Gratis

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Tekankan Pembuatan Administrasi Kependudukan Gratis

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa tekankan pembuatan administrasi kependudukan gratis, Rabu (31/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pemerintah Kota Palembang bersama dengan Kejaksaan Negeri Palembang, me-launching penyerahan pembuatan Akta Kelahiran, KIA, KIS, dan KIP kepada Panti dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak di Kota Palembang, pada hari Rabu, 31 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan launching ini merupakan arahan dari Presiden. Kegiatan ini sendiri akan digencarkan di tingkat Kelurahan hingga Kecamatan.

Mengantisipasi pungli, kembali ditekankan bahwa penerbitan Akta Kelahiran, KIA, KIS dan KIP gratis. Jika ada oknum yang melakukan Pungli, Tim Siber Kejari dan Polrestabes Palembang diminta segera melakukan penangkapan.

“Sesuai arahan Bapak Presiden untuk segera mendistribusikan dokumen kependudukan, Akta Kelahiran, KIA, KIS, dan KIP, khususnya pada Panti dan Lembaga Kesejahteran Sosial yang sering luput dari pandangan kita. Padahal ini sangat dibutuhkan untuk kesejahteraan. Jadi kita yang proaktif untuk menyerahkan. Ini launching awal dan akan kita teruskan ke Kelurahan dan Kecamatan. Ini gratis, tidak ada pungutan. Saya sudah minta ke Tim Siber Kejari dan Polrestabes, tangkap saja kalau ada yang main-main,“ kata Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.

BACA JUGA:Pernyataan Kontroversial Sekjen Kemendagri Soal PNS Bisa Terima Zakat, Begini Tanggapan Baznas OKI

BACA JUGA:Strategi Imigrasi Palembang untuk Meningkatkan Penerimaan PNBP dari Paspor


Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, Rabu (31/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Palembang Johnny William Pardede menyampaikan, pihak Kejaksaan akan melakukan pendataan penerbitan akta kependudukan secara kesinambungan. Mengantisipasi pungli pada penerbitan akta, pengawasan akan diperketat.

“Untuk pungli, kembali ke integritas personel. Untuk pengawasannya akan berkolaborasi dengan Inspektorat, Kejaksaan sendiri, dan juga dengan Polrestabes Palembang,” tungkas Kepala Kejaksaan Negeri Palembang Johnny William Pardede.


Kajari Palembang Johnny William Pardede mengatakan, pihak Kejaksaan akan melakukan pendataan penerbitan akta kependudukan secara kesinambungan, Rabu (31/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Berdasarkan data Pemerintah Kota Palembang, KIA tercetak sudah di angka 51,32 persen dari target 490.855.

Sementara siswa yang mendapatkan KIP sudah di angka 53.845 untuk SD, 24.779 untuk SMP, dan warga Palembang yang mendapatkan KIS di angka 169.919 dari APBD, dan 668.111 dari APBN.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv