Bagaimana Web Browser Dapat Menampilkan Sebuah Halaman Website? Berikut 11 Cara Kerja Aplikasi Web Browser!

Bagaimana Web Browser Dapat Menampilkan Sebuah Halaman Website? Berikut 11 Cara Kerja Aplikasi Web Browser!

Bagaimana Web Browser Dapat Menampilkan Sebuah Halaman Website? Berikut 11 Cara Kerja Aplikasi Web Browser--Foto : freepik-Rawpixel.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Web browser merupakan sebuah program atau aplikasi client-server yang mempunyai arti bahwa program ini akan meminta server Web untuk memberikan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pengguna.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa aplikasi web browser yang biasa digunakan seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan Opera.

Aplikasi web browser umumnya digunakan untuk dapat menampilkan dan mengakses situs web yang tersedia di internet.

Web browser juga dapat menampilkan konten lain yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Hypertext Markup Language (HTML) dan Extensible Markup Language (XML).

BACA JUGA:Web Browser Digunakan Untuk Apa? Inilah 12 Fungsi Dari Software Web Browser Dalam Menjelajah Internet!

Web browser merupakan aplikasi yang dapat menerjemahkan halaman web dan situs web yang dikirimkan dengan menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk menjadi konten yang dapat dilihat oleh pengguna.

Web browser juga mempunyai kemampuan untuk dapat menampilkan protokol dan awalan lain, seperti: HTTP Secure (HTTPS), File Transfer Protocol (FTP), penanganan email (mailto:), dan berkas (file:).

Selain itu, sebagian besar web browser merupakan aplikasi yang dapat mendukung plug-in eksternal yang diperlukan untuk dapat menampilkan konten aktif seperti konten video, audio, dan game pada halaman web.

Lalu, bagaimana cara kerja dari web browser untuk dapat mengakses dan merender sebuah halaman website? Pada dasarnya setiap web browser mempunyai mesin rendering dan proses yang berbeda-beda, namun prinsip-prinsip dasar yang berlaku pada semua browser tentunya sama.

BACA JUGA:Apa Saja Web Browser Itu? Berikut 6 Jenis Software Web Browser yang Banyak Digunakan Oleh Berbagai Pengguna!


Pengguna memasukkan URL atau alamat situs sebuah website ke dalam tab alamat web browser,--Foto : Freepik.com/freepik

 

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa langkah cara kerja dari sebuah web browser dalam menjalankan tugasnya.

Memasukkan Uniform Resource Locator (URL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber