Israel Terus Serang Gaza Selatan Meski sidang ICJ Sedang Berlangsung di Den Haag

Israel Terus Serang Gaza Selatan Meski sidang ICJ Sedang Berlangsung di Den Haag

Israel Terus Serang Gaza Selatan Meski sidang ICJ Sedang Berlangsung di Den Haag--eye.on.palestine

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pasukan Israel terus melakukan serangan terhadap kota utama di Gaza selatan, Khan Younis, meskipun sidang ICJ tentang genosida sedang berlangsung di Den Haag pada Jumat, 26 Januari 2024.

Menurut laporan militer Israel pada Jumat, mereka terlibat dalam pertempuran intensif di Khan Younis dengan pejuang Hamas, sementara juga menembaki sasaran Hamas di wilayah Gaza utara dan sepanjang garis pantai Gaza.

Baku tembak terus berlanjut sepanjang Kamis malam, dengan pasukan Israel melaporkan meledakkan gedung dan rumah di bagian barat kota.

Para pejabat di Gaza melaporkan peningkatan jumlah korban tewas akibat serangan tersebut, dengan total korban mencapai 26.083 orang, termasuk 183 korban tewas dalam 24 jam terakhir. Banyak warga yang dikhawatirkan terjebak di bawah puing-puing bangunan yang hancur.

BACA JUGA:Pilih Motor Listrik Terjangkau: Memahami Keunikan Polytron Fox-R dan Fox-S Sebelum Membeli

Sementara itu, Mahkamah Internasional (ICJ), juga dikenal sebagai Pengadilan Dunia, sedang mempertimbangkan permintaan dari Afrika Selatan untuk mengambil tindakan darurat terhadap Israel dalam kasus dugaan genosida di Jalur Gaza.

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Naledi Pandor, menyatakan harapannya bahwa ICJ akan memberikan perhatian terhadap penderitaan orang-orang Palestina dan mengingatkan masyarakat internasional akan kerugian besar yang dialami rakyat Palestina.

Putusan ICJ diharapkan akan dikeluarkan pada pukul 1 siang, dengan sidang yang diperkirakan berlangsung sekitar satu jam.


Israel Terus Serang Gaza Selatan Meski sidang ICJ Sedang Berlangsung di Den Haag--eye.on.palestine

Meskipun putusan tersebut bersifat final dan tanpa banding, Israel telah menolak tuduhan genosida yang diajukan oleh Afrika Selatan dan menekankan bahwa mereka telah berupaya untuk menghindari korban sipil dalam serangan mereka di Gaza.

BACA JUGA:Penulis Jepang Pemenang Penghargaan Ungkap Pengunaan ChatGPT Untuk Menulis Novelnya

Hamas, di sisi lain, menyatakan kesiapannya untuk mematuhi perintah gencatan senjata ICJ jika Israel juga melakukan hal yang sama.

Dalam konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina, tragedi kemanusiaan terus berlanjut, dengan dampak yang sangat merugikan bagi kedua belah pihak. Pada hari Kamis, serangan Israel di Khan Younis, salah satu kota utama di Jalur Gaza, menambah daftar korban dan kerusakan yang terjadi.

Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan Gaza, serangan tersebut menewaskan 20 warga Palestina dan melukai 150 lainnya yang sedang antre untuk mendapatkan bantuan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber