Gempa Bumi Melanda dan Mengguncang Area Pegunungan China-Kyrgyzstan

Gempa Bumi Melanda dan Mengguncang Area Pegunungan China-Kyrgyzstan

Gempa Bumi Melanda dan Mengguncang Area Pegunungan China-Kyrgyzstan --Gambar : Tangkaplayar@youtube_METRO TV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sedikitnya 50 orang terluka setelah gempa berkekuatan 7 SR melanda wilayah pegunungan di perbatasan Tiongkok-Kyrgyzstan.

Seperti dilansir AFP, Selasa (23/1/2024), gempa bumi berskala besar tercatat terjadi di wilayah Xinjiang, China, khususnya sekitar 140 kilometer sebelah barat kota Aksu, sekitar pukul 14.00 waktu setempat pada Selasa (23). /1) Di pagi hari. Kedalaman gempa 13 km.

Dilansir dari laman news.okezone.com. Menurut laporan kantor berita Xinhua, pihak berwenang telah mengirimkan tim khusus ke lokasi gempa dan sekitar 800 orang sedang menunggu misi bantuan bencana besar.

Banyak orang yang terluka akibat gempa melaporkan mencari bantuan medis dari Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, yang berbatasan dengan Xinjiang dan Kyrgyzstan. Kementerian Kesehatan Kazakhstan mengatakan 44 orang mengalami “berbagai” gejala. Jika Anda terluka, carilah bantuan di kota Almaty.

BACA JUGA:Dampak Gempa Besar di Jepang! 222 Orang Masih Hilang Setelah Lima Hari

Beberapa foto yang diposting di media sosial dan berita lokal menunjukkan warga mengungsi secara massal saat gempa terjadi.Menurut postingan di akun Weibo pemerintah Xinjiang, sekitar enam orang terluka di wilayah Akqi, Tiongkok, dua di antaranya serius.

Akibat gempa ini, 47 rumah roboh dan 78 rumah rusak. Di distrik Wushi, dekat pusat gempa, dua bangunan tempat tinggal dan dua kandang ternak roboh sehingga menyebabkan pemadaman listrik sementara. Seorang warga Aksu mengatakan kepada Xinhua, masyarakat berhamburan menyelamatkan diri saat gempa terjadi, meski suhu mencapai -10 derajat Celcius pada pagi hari.

Orang-orang mengungsi di jalan-jalan Bishkek, ibu kota Kyrgyzstan, mengguncang tembok dan perabotan. 

“Tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan,” kata Menteri Situasi Darurat Kyrgyzstan Bohobek Azikeyev melalui pesan video.Menurut laporan televisi India, gempa kuat terjadi di New Delhi, 1.400 km dari pusat gempa.

BACA JUGA:Berita Mengejutkan Awal 2024 : Mulai Gempa Jepang, Perselingkuhan Hingga Bunuh Diri Artis Terkenal


Gempa M7.1 melanda perbatasan Tiongkok-Kirgistan hingga terasa ke negara Uzbekistan --Foto : youtube - /@INQUIRER.net

 

Gempa M7.1 melanda perbatasan Tiongkok-Kirgistan hingga terasa ke negara Uzbekistan.

Media pemerintah melaporkan banyak korban jiwa dan gempa kuat terasa ratusan kilometer jauhnya di negara Asia Tengah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber