Kesemutan di Jari Tangan: Strategi Ampuh dan Pencegahan yang Efektif

Kesemutan di Jari Tangan: Strategi Ampuh dan Pencegahan yang Efektif

Kesemutan di Jari Tangan: Strategi Ampuh dan Pencegahan yang Efektif--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kesemutan pada bagian tangan atau kaki dalam istilah medis disebut parestesia yang ditandai dengan rasa kebas serta rasa seperti digigit gigit semut atau perasaan ditusuk jarum tapi skala ringan.

Penyebab kesemutan, biasanya penekanan dibagian tangan atau kaki terlalu lama. Sehingga menyebabkan aliran darah ke saraf menjadi terhambat. Namun, gejala kesemutan biasanya tidak berlangsung lama, dengan penanganan ringan kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

Kesemutan di jari tangan, walaupun umumnya tidak mengancam nyawa, dapat menciptakan ketidaknyamanan yang menghambat aktivitas sehari-hari.

Artikel ini akan membahas beberapa cara sederhana untuk mengatasi kesemutan, sambil memberikan tips pencegahan agar keluhan ini tidak terus menghantui.

BACA JUGA:Memahami Lawan Bicara: Kunci Menghindari Miss Komunikasi

Mengatasi Kesemutan di Jari Tangan: Metode yang Terbukti

1. Terapi Goyang-Goyangan

Melakukan gerakan goyang-goyangan pada tangan secara perlahan dapat meredakan tekanan pada saraf dan mengembalikan aliran darah normal, efektif mengurangi sensasi kesemutan.

2. Ritual Peregangan Jari

BACA JUGA:Mengelola Emosi: Tips Meredakan Rasa Marah Secara Cepat untuk Menghindari Konflik

Peregangan jari dengan merentangkan mereka selebar mungkin, diikuti dengan gerakan pergelangan tangan searah dan berlawanan arah jarum jam, membantu mengurangi tekanan pada saraf dan otot jari.

3. Istirahat yang Berkualitas

Kesemutan yang disebabkan oleh Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dapat mereda dengan memberikan istirahat yang cukup pada tangan, terutama setelah melakukan aktivitas berulang seperti mengetik. Peregangan selanjutnya dapat membantu melancarkan aliran darah.

4. Terapi Kompres Hangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber