Mengganti Ban Baru Mobil: Lebih Baik Dipasang di Bagian Depan atau Belakang?

Mengganti Ban Baru Mobil: Lebih Baik Dipasang di Bagian Depan atau Belakang?

Mengganti Ban Baru Mobil: Lebih Baik Dipasang di Bagian Depan atau Belakang?--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Ban mobil  merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang termasuk dalam kategori fast moving. Sebagai bagian dari sistem roda, ban memiliki usia pakai maksimum dan akan mengalami keausan seiring penggunaan.

Penggantian ban mobil menjadi suatu kebutuhan ketika tapaknya sudah aus atau usia ban mobil telah mencapai batas maksimum. Kondisi tapak yang sudah botak dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Namun, terkadang mengganti ban menjadi tantangan ketika terbatasnya anggaran.

Bagaimana caranya mengatasi hal ini?

BACA JUGA:Ini Perbedaan Siginifikan Kinerja Mesin Menggunakan Busi Iridium dan Busi Racing

Anda sebenarnya memiliki opsi untuk tidak mengganti semua ban mobil sekaligus. Alternatifnya, Anda dapat memilih untuk mengganti sepasang ban terlebih dahulu sebagai langkah untuk menghemat biaya.

Namun, muncul pertanyaan, di mana sebaiknya ban baru dipasang?

Pemasangan ban baru memiliki kaitan erat dengan pengendalian mobil. Menurut para pakar dari industri ban, ban baru sebaiknya dipasang di roda belakang.

Pemasangan ini tidak bergantung pada jenis penggerak mobil, baik itu front-wheel drive atau rear-wheel drive. Ban mobil memiliki tugas yang cukup berat sebagai bantalan beban kendaraan dan berputar ratusan kali setiap harinya.

BACA JUGA:Review Yadea E8S Pro, Pengalaman Satu Bulan Penggunaan Oleh Youtuber

Bagian tapaknya terpapar oleh berbagai permukaan keras dan faktor-faktor seperti sinar matahari, panas, dingin, bahan kimia, dan kontak dengan permukaan aspal.


Mengganti Ban Baru Mobil: Lebih Baik Dipasang di Bagian Depan atau Belakang?--free pik.com

Pertanyaan selanjutnya adalah terkait dengan posisi pemasangan saat mengganti ban baru. Memasang ban baru di roda depan memiliki risiko, karena akan membuat ban di roda belakang yang kondisi kembangnya sudah tipis.

Alasan utamanya adalah bahwa ban baru memiliki kemampuan pembuangan air yang sangat baik. Penting untuk diketahui bahwa mobil membutuhkan traksi terbaik di roda belakang. Hal ini karena roda depan masih dapat dikendalikan melalui setir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber