Pemkot Palembang Ingatkan Waspada Banjir Kiriman dari Hulu Sungai Musi

Pemkot Palembang Ingatkan Waspada Banjir Kiriman dari Hulu Sungai Musi

Kondisi banjir melanda Palembang beberapa waktu lalu, Pemkot Palembang ingatkan waspada banjir kiriman dari hulu Sungai Musi, Senin (15/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Musim hujan yang terjadi saat ini membuat sejumlah daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya yang dilalui aliran sungai Musi mulai tergenang banjir.

Terkait hal tersebut, pihak Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas PUPR mewanti-wanti masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir kiriman.

Ditemui di Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (TWKS) Palembang pada hari Senin 15 Januari 2024, Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Bastari mengatakan, tidak hanya faktor tingginya curah hujan serta air pasang di aliran Sungai Musi.

Masyarakat Kota Palembang utamanya yang bermukim di kawasan dekat Sungai Musi diminta waspada potensi banjir kiriman yang dipengaruhi kondisi alam.

BACA JUGA:Peduli Dampak Banjir di Desa Muratara, Relawan Hafisz Thohir Center Bagikan Bantuan untuk Warga


Akhmad Bastari, Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Senin (15/1/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Palembang yang berada di bagian hilir Sungai Musi diperkirakan akan mendapat banjir kiriman dalam kurun waktu dua hingga tiga hari ke depan dari hulu, setelah luapan air terjadi di Sungai Kikim, Sungai Lematang, Sungai Ogan, Sungai Komering, dan Sungai Enim.

“Ini kondisi alam, karena Palembang ada di hilir. Jadi, air dari hulu, seperti banjir yang terjadi di hulu, di Sungai Kikim, Sungai Lematang, Sungai Ogan, Sungai Komering, dan Sungai Enim. Air yang dari atas masuk ke Palembang, pada saat yang sama pasang lagi tinggi. Jadi air tidak bisa kemana-mana. Kita berdo’a, agar tidak terjadi hujan ekstrem di Palembang,” jelas Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Bastari.

Dengan kondisi ini, masyarakat Kota Palembang diminta untuk tidak mengurangi kapasitas penampungan air dengan membuang sampah ke saluran air.

“Kita juga jangan mengurangi kapasitas tampungan air seperti membuang sampah di saluran air, di sungai supaya aliran air lancar. Biasanya banjir hulu itu 2-3 hari airnya sampai Palembang,” terang Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Bastari.

BACA JUGA:Banjir Setinggi 3 Meter, Pj Bupati Muara Enim Turun Tangan Beri Bantuan


Kondisi banjir melanda Kota Palembang beberapa waktu lalu.-Sandy Pratama-PALTV

Sesuai perakiraan BMKG, pada Senin, 15 Januari 2024 ini hujan akan terjadi pada sore hari dan pasang terjadi pada siang hari.

Untuk itu diharapkan prakiraan BMKG benar, sehingga debit air di Palembang masih bisa diantisipasi saluran air dan persiapan penanggulangan yang ada, mengingat adanya potensi banjir kiriman ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv