Membongkar Misteri Dunia Virtual, 6 Kegunaan Terkini Augmented Reality yang Mengubah Gaya Hidup

 Membongkar Misteri Dunia Virtual, 6 Kegunaan Terkini Augmented Reality yang Mengubah Gaya Hidup

Membongkar Misteri Dunia Virtual, 6 Kegunaan Terkini Augmented Reality yang Mengubah Gaya Hidup-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menghubungkan benda digital dua dimensi atau tiga dimensi pada lingkungan nyata.

Saat ini teknologi yang paling banyak memanfaatkan Augmented Reality ini yaitu kamera smartphone untuk memperlihatkan dunia dengan konten digital, misalnya saja penambahan gambar model tiga dimensi.

Augmented Reality (AR) menciptakan pengalaman yang memperkaya realitas dengan menambahkan elemen digital seperti: gambar, suara atau objek 3D pada pandangan nyata pengguna.

Perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata AR secara khusus memang digunakan untuk memberikan pengalaman bagi pengguna saat menggunakan teknologi AR ini.

BACA JUGA:Ditangkap di Hari Ulang Tahunnya, Mantan Dirut PT.SCM di Tahan oleh Kejari Muara Enim

Teknologi AR ini bekerja tergantung dengan perangkat yang digunakan. Sebagai contoh pada saat menggunakan smartphone, kamera pada perangkat akan digunakan untuk melihat dan memindai lingkungan sekitar. 

Perangkat lunak khusus ini akan mengenali pola dan fitur pada lingkungan tersebut dengan menambahkan elemen virtual pada pandangan kamera.

Pengguna dapat melihat elemen virtual tersebut melalui layar smartphone, yang terlihat seperti "hologram" dan mengambang di atas dunia nyata.

Selain itu, teknologi AR juga mampu mengintegrasikan elemen sensorik seperti gerakan atau lokasi untuk menciptakan interaksi yang lebih nyata.


Membongkar Misteri Dunia Virtual, 6 Kegunaan Terkini Augmented Reality yang Mengubah Gaya Hidup-freepik-freepik

Contohnya dengan menggunakan sensor gerak pada perangkat, pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual menggunakan gerakan tangan atau gerakan tubuh.

Untuk lebih jelasnya mengenai Augmented Reality dan bagaimana penerapannya. Berikut ini beberapa contoh penerapan teknologi AR dalam kehidupan.

Penerapan AR Pada Media Sosial 

Salah satu media sosial yang mengaplikasikan teknologi AR yaitu Instagram. Fitur filter yang terdapat pada aplikasi ini bisa digunakan oleh semua pengguna media sosial instagram ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber