Inilah 4 Kerugian Menggunakan Knalpot Racing Atau Brong Pada Motor Standar

Inilah 4 Kerugian Menggunakan Knalpot Racing Atau Brong Pada Motor Standar

Inilah 4 Kerugian Menggunakan Knalpot Racing Atau Brong Pada Motor Standar--instagram.com/@knalpot_racing.com_speedshop

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Keberadaan knalpot racing tidak sepenuhnya salah, mengingat dirancang khusus untuk meningkatkan torsi dan tenaga motor di lintasan balap. Namun, yang perlu dihindari adalah penggunaan knalpot ini oleh pemilik motor yang tidak memahami dampaknya secara menyeluruh.

Salah satu kesalahan besar yang sering terjadi adalah pemasangan knalpot racing pada motor yang masih menggunakan motor standar.

Padahal, knalpot motor standar telah dirancang dengan cermat oleh pabrikan untuk memastikan kinerja optimal. Pemasangan knalpot racing pada motor standar dapat menghasilkan dampak yang merugikan, membawa konsekuensi finansial yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, harga knalpot racing juga tidak bisa dianggap remeh. Merek lokal saja memiliki harga rata-rata sekitar Rp 550 ribu, dan beberapa merek bahkan mencapai Rp 2 jutaan.

BACA JUGA:Seberapa Penting Peran Sebuah Ban Pada Sepeda Motor? Inilah 5 Jenis Ban Motor yang Perlu Kamu Ketahui!

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memasang knalpot ini, penting untuk memahami berbagai kerugian yang mungkin terjadi.

 Dampak Penggunaan Knalpot Racing

1. Putaran Mesin Tidak Stabil

Menurut seorang teknisi motor Honda di Jawa Barat, anggapan bahwa knalpot racing dapat meningkatkan tenaga maksimum tidak sepenuhnya benar. Sebaliknya, penggunaan knalpot ini tanpa penyesuaian pada Electronic Control Unit (ECU) dapat membuat putaran mesin menjadi tidak stabil.

BACA JUGA:CCTV RoboLife G1X2, Pemantauan Lebih Canggih! Akses Mudah via Handphone dan Dapatkan Bonus Lampu BT Smart

Knalpot racing, pada dasarnya, dirancang untuk motor balap yang telah di-setting ulang sesuai dengan kebutuhannya. Pada motor bermesin injeksi, sensor CO2 di leher dan saluran buang knalpot sangat mempengaruhi kinerja mesin.

Penggantian knalpot standar tanpa penyesuaian pada ECU dapat menghasilkan sinyal yang berbeda, menyebabkan putaran mesin menjadi tidak terkendali. Dampaknya termasuk peningkatan suhu mesin dan potensi masalah lainnya.

Sebelum memasang knalpot racing, disarankan untuk melakukan penyesuaian pada mesin, seperti porting polish, untuk memastikan keseimbangan yang tepat. Tanpa penyesuaian tersebut, risiko mesin bermasalah setelah penggantian knalpot sangat tinggi.

 2. Konsumsi BBM Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber