Bencana Banjir Melanda 8 Kecamatan, Ini yang Dilakukan BPBD Musi Banyuasin

Bencana Banjir Melanda 8 Kecamatan, Ini yang Dilakukan BPBD Musi Banyuasin

Bencana banjir melanda 8 kecamatan di Musi Banyuasin, Rabu (10/1/2024).--Dokumentasi BPBD Muba

MUSI BAYUASIN, PALTV.CO.ID - Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir melanda setidaknya di delapan Kecamatan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Bahkan, kedalaman banjir mencapai satu hingga satu setengah meter.

Delapan Kecamatan yang terdampak banjir adalah Kecamatan Lais, Sungai Keruh, Batang Hari Leko, Sanga Desa, Jirak, Plakat Tinggi, dan Tungkal Jaya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin, Pathi Riduan, menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan tim untuk mendirikan Posko Gawat Darurat di beberapa titik banjir yang dianggap sangat berdampak, terutama di Kecamatan Sungai Keruh Desa Kerta Jaya.

Pathi Riduan pada hari Rabu, 10 Januari 2024, menegaskan bahwa banjir ini merupakan banjir musiman yang biasa terjadi pada musim penghujan.

BACA JUGA: Banjir Melanda Musi Banyuasin, Lebih dari 120 Keluarga Terpaksa Mengungsi


Kepala BPBD Musi Banyuasin Pathi Riduan memastikan bahwa tim siaga telah diterjunkan ke lokasi-lokasi yang paling terdampak, Rabu (10/1/2024).--Dokumentasi BPBD Muba

Ia menjelaskan bahwa faktor penyebabnya adalah meluapnya sejumlah sungai dan tingginya debit air sungai yang menjadi sumber dari beberapa sungai di Musi Banyuasin.

Pihaknya menghimbau kepada warga untuk tetap waspada terutama saat terjadi hujan lebat dan kenaikan debit air sungai. Peringatan tersebut khususnya untuk warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai Musi.

Dalam respons cepat terhadap bencana banjir yang melanda delapan Kecamatan di Musi Banyuasin, BPBD Musi Banyuasin telah menyiapkan bantuan dan mendirikan posko gawat darurat.

Kepala BPBD Musi Banyuasin Pathi Riduan memastikan bahwa tim siaga telah diterjunkan ke lokasi-lokasi yang paling terdampak.

BACA JUGA:Dua Objek Pajak Besar di Kabupaten Banyuasin Masih Menunggak Bayar Pajak

"Kami telah mendirikan Posko Gawat Darurat di beberapa titik banjir yang dianggap sangat berdampak, khususnya di Kecamatan Sungai Keruh dan Desa Kerta Jaya. Tim kami sudah berada di lapangan untuk memberikan bantuan dan mengevaluasi kebutuhan mendesak," ujar Pathi Riduan.

Bantuan yang disiapkan meliputi makanan dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, BPBD Musi Banyuasin juga bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan evakuasi warga yang berada di daerah terdampak.

Pathi Riduan mengingatkan warga untuk tetap waspada dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv