Mobil Listrik Xiaomi Target Jadi Lima Besar Perusahaan Mobil Listrik Dunia

Mobil Listrik Xiaomi Target Jadi Lima Besar Perusahaan Mobil Listrik Dunia

Mobil Listrik Xiaomi Target Jadi Lima Besar Perusahaan Mobil Listrik Dunia--youtube.com/ @4Drive Time

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam langkah ambisiusnya untuk merajai dunia otomotif, Xiaomi, perusahaan teknologi terkemuka asal China, mengumumkan niatnya untuk tidak hanya bersaing, tetapi juga menjadi salah satu pabrikan mobil terbesar di dunia.

Mimpi ini diungkapkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun, saat peluncuran mobil listrik pertama mereka, SU7 di China.

Lei Jun bukanlah pemimpin yang berbicara tanpa tindakan. Dalam presentasi yang berlangsung selama tiga jam, ia menekankan bahwa Xiaomi tidak hanya ingin meluncurkan produk mobil.

Tetapi juga menantang dominasi merek-merek besar yang sudah mapan di industri ini. "Xiaomi ingin menjadi perusahaan mobil yang menempati urutan lima besar di dunia dalam 15 hingga 20 tahun ke depan," tegas Lei Jun.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Batasi Keramaian di 3 Titik pada Malam Pergantian Tahun 2023-2024

Untuk mewujudkan ambisinya, Xiaomi telah mengalokasikan dana sebesar US$ 10 miliar atau sekitar Rp 155 triliun untuk pengembangan mobil listrik selama satu dekade, dimulai sejak 2021.

SU7 dianggap sebagai langkah awal menuju puncak dunia otomotif, dan Lei Jun yakin bahwa Xiaomi memiliki potensi untuk mengungguli merek-merek besar seperti Tesla dan Porsche.

"Ini merupakan langkah awal untuk Xiaomi. Saya yakin, suatu hari nanti di masa depan, akan banyak (mobil) Xiaomi yang beredar di jalan raya dunia," kata Lei Jun dengan keyakinan.

Xiaomi nampaknya tidak berniat bermain di kelas entry level. Sebaliknya, perusahaan ini tampaknya akan fokus pada segmen menengah dan menengah atas.

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Gelar Zikir dan Do’a Bersama Sambut Tahun Baru 2024

Mobil listrik pertama yang diluncurkan diproyeksikan memiliki harga sekitar Rp 600 jutaan. Sebagai informasi, ini jauh dari kategori produk gawainya yang lebih terjangkau.

Mark Rainford, seorang pengamat otomotif di China, menyatakan keyakinannya bahwa suatu hari nanti, Xiaomi akan menjadi salah satu perusahaan mobil terbesar di dunia.

Ia menilai performa dan fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi sangat mumpuni, bahkan sebanding atau lebih baik daripada mobil buatan Porsche dan Tesla.

Dikatakan oleh Mark, bahwa penilaian terhadap Xiaomi terlihat sangat menarik di atas kertas, baik dari segi performa maupun teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber