Pertama di Sumsel, Bawaslu OKU Launching Sentra Gakkumdu

Pertama di Sumsel, Bawaslu OKU Launching Sentra Gakkumdu

Bawaslu OKU launching rumah Sentra Gakkumdu Pemilu 2024, Kamis, 13 April 2023.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Pertama kali di Sumatera Selatan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan Komering Ulu (OKU) melaunching Sekretariat Sentra Gakkumdu. Sekretariat ini berada di kawasan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, yang dilaunching pada Kamis, 13 April 2023 lalu.

Launching itu ditandai dengan pemotongan pita dan dihadiri langsung Anggota Sentra Gakkumdu, yakni Kepolisian yang diwakili Kasat Intel AKP Hendri Antonius, Kejaksaan Negeri OKU diwakili Kasi Pidum Erik Eko Bagus Mudigdho dan Bawaslu OKU sendiri.

Ketua Bawaslu OKU Dewantarajaya didampingi anggota Anggi Yumarta dan Yeyen Andrizal, mengungkapkan bahwa launching Sekretariat Sentra Gakkumdu ini sangat diperlukan jelang pemilu tahun 2024 mendatang.

Gakkumdu ini merupakan lembaga yang independen yang diatur Perbawaslu dan dilindungi Undang Undang sebagai benteng pertama menerima aduan, sekaligus pengadilan terkait pelanggaran Pemilu di wilayah OKU.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Berikan Kemudahan Pengurusan Dokumen Warga Terdampak Kebakaran

BACA JUGA:Si Jago Merah Mengamuk di Sekanak, 5 Rumah Warga Termasuk TK Ludes Terbakar

"Untuk diketahui juga, launching ini pertama di Sumsel. Hal ini menunjukan keseriuasan kita  menjalankan amanat Undang Undang. Kita nantinya memahami dan sama-sama melakukan pengawasan dan menerima laporan masyarakat terkait pelanggaran Pemilu," jelas Dewantara.

Pihaknya berharap ke depan, Sekretariat tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, untuk pengaduan sengketa pelanggaran yang mungkin terjadi pada Pemilu mendatang.

"Kita berharap di OKU kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang," kata Dewantara.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejakasaan Negeri OKU, Erik Eko Bagus Mudigdho juga berharap ini menjadi awal yang baik terutama dalam mengawal Pemilu.

BACA JUGA:Pemkot Palembang akan Tambah Mobil Perbaikan PJU

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Resmi Buka Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024

"Mudah-mudahan menjadi awal yang bagus bagi kita maupun rekan yang tergabung dalam Gakkumdu," ucap Erik.

Kasi Pidum Kejari OKU mengungkapkan, Gakkumdu ini akan menjadi tempat tujuan pertama dari peserta Pemilu maupun masyarakat terkait penegakan pelanggaran Pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv