Gigi Susu Tetap Hadir: Mengapa Perhatian Khusus Diperlukan di Usia Dewasa?

Gigi Susu Tetap Hadir: Mengapa Perhatian Khusus Diperlukan di Usia Dewasa?

Gigi Susu Tetap Hadir: Mengapa Perhatian Khusus Diperlukan di Usia Dewasa?--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Anak-anak memulai hidup dengan gigi susu atau akan menunjukkan gigi pertamanya. Jumlahnya ada sekitar 20 buah, namun gigi susu belum permanen dan  mulai tanggal pada usia 6 atau 7 tahun.

Gigi susu tanggal  sepanjang masa kanak-kanak, menyisakan ruang untuk gigi permanen. Kebanyakan anak kehilangan gigi susu terakhirnya pada usia 13 tahun. Namun, ada kasus di mana gigi susu tidak tanggal meski sudah tua.

Ada alasan mengapa gigi susu tidak tanggal meski sudah tua. Umumnya gigi susu  tanggal pada usia 6 hingga 7 tahun dan digantikan oleh gigi permanen. Cari tahu apa  penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya.

Gigi pertama yang tidak  tanggal sampai matang disebut gigi retensi primer. Secara umum, gigi sulung  pada gigi taringgeraham kedua, dan gigi taring lebih permanen.

BACA JUGA:Material Pelapis Dinding yang Elegan dan Fungsional untuk Mempercantik Hunian

Gigi susu yang lebih tua dapat bertahan selama bertahun-tahun, namun dapat rusak seiring berjalannya waktu. Inilah beberapa fakta bahwa gigi susu ada pada orang dewasa antara lain:

1. Apa itu gigi susu pada orang dewasa?

Gigi susu pada orang dewasa merupakan hal yang sangat umum terjadi. Geraham kedua berada “di belakang” gigi susu.

Gigi permanen biasanya tidak  tumbuh kembali. Penelitian telah menunjukkan bahwa mempertahankan gigi geraham kedua di usia 20-an dapat mengurangi risiko timbulnya masalah gigi di kemudian hari (British Dental Journal, 2009).

Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika gigi taring dan gigi geraham pertama tetap dipertahankan. Ini karena diperlukan perawatan lain.


Gigi Susu Tetap Hadir: Mengapa Perhatian Khusus Diperlukan di Usia Dewasa?--unsplash

2. Bagaimana cara mengetahui jika Anda masih memiliki gigi susu?  

Perbedaan paling mencolok antara gigi dewasa dan gigi susu adalah ukurannya. Gigi susu berukuran lebih kecil dibandingkan gigi dewasa. Gigi bayi lebih putih dibandingkan gigi orang dewasa karena giginya lebih tipis. 

Tepi gigi sulung menjadi lebih halus dan membulat. Saat gigi dewasa mulai tumbuh, mereka mempunyai tonjolan khusus di tepi atasnya, yang diduga membantu gigi keluar dari bibir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: