Pj Bupati OKU Teddy Terus Ingatkan Masyarakat Masalah Sampah

Pj Bupati OKU Teddy Terus Ingatkan Masyarakat Masalah Sampah

Pj Bupati OKU saat menggelar Safari Ramadan di Desa Tanjung Baru, Senin (10/4/2023).-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati OKU Teddy Meilwansyah terus ingatkan masyarakat Kabupaten OKU terkait masalah sampah. Kondisi sampah di OKU sendiri menjadi masalah serius, terlebih banyak masyarakat yang enggan membuang sampah pada tempatnya.

Di beberapa tempat di dalam Kota Baturaja misalnya, tumpukan sampah berserakan ditempat-tempat yang memang bukan kotak sampah. Hal ini terjadi lantaran masyarakat masih enggan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan dan malah membuang sampah sembarangan, terutama di pinggir jalan yang sepi sehingga mengakibatkan sampah berceceran di mana-mana.

Diungkapkan Teddy saat melaksanakan Safari Ramadan di Masjid Assu'ada Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur pada Senin, 10 April 2023 lalu, dirinya kerap berkeliling ke setiap tempat di OKU baik secara langsung maupun saat kunjungan kerja. Teddy kerap melihat adanya tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. Seperti di Jalan Lintas Tengah Sumatera Desa Air Paoh. Terdapat tumpukan sampah yang dibuang masyarakat secara sembarangan sehingga kurang sedap dipandang.

"Awalnya mungkin satu dua orang yang meninggalkan sampah di lokasi tersebut. Namun lama-lama semua orang ikut membuang di sana. Pada hal memang tidak ada bak sampah di tempat itu, hal ini merusak pandangan kita dan terkesan kota kita ini kumuh," ujar Teddy menyayangkan.

BACA JUGA:Kejari OKU Siap Jadi Pengacara Pemkab OKU

BACA JUGA:Genap Sepekan, Penyaluran Bantuan Pangan Beras di Sumsel Capai 14 Persen

Menurut Teddy, di depan rumah-rumah warga memang tidak terlihat tumpukan sampah, ternyata dibuang namun di lokasi yang salah. Akibatnya bukan penyelesaian masalah yang muncul tetapi memindahkan dan membuat masalah baru.

"Selain merusak pemandangan keindahan kota, sampah juga dapat menjadi sumber penyakit bagi masyarakat terutama masyarakat yang bermukim di sekitar itu. Kami minta agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, pasti ada bak sampah di sekitar itu," harapnya.

Dikatakan Teddy, Pemkab OKU siap memfasilitasi tempat sampah untuk masyarakat yang menginginkan tempat atau tempat penampungan sampah di wilayah dekat rumahnya. Selain itu juga ada petugas yang mengangkut sampah dari titik bak sampah yang sudah di sediakan. Jika dibuang bukan pada tempatnya otomatis tidak diketahui oleh petugas sehingga menumpuk.

Pj Bupati menegaskan bahwa akan menyiapkan tempat sampah jika ada masyarakat yang menginginkan adanya tempat sampah di dekat rumahnya. Dengan harapan masyakarat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA:Walikota Palembang Salurkan Zakat Mal Melalui Baznas

BACA JUGA:Kenyamanan Masyarakat di Jalan Raya Jadi Prioritas dalam Operasi Ketupat Musi 2023

"Jangan lagi buang sampah sembarangan, jika tidak ada tempat penampungan sampah di sekitar tempat tinggal nanti kita siapkan. Silahkan masyarakat minta dengan kami, akan kami buatkan dan sediakan tempat penampungan sampah," tegas Teddy. 

Menurut Teddy, pihaknya berharap ketika semua sampah dapat ditanggulangi, dan warga sudah mulai membuang sampah pada tempatnya, OKU akan terbebas dari sampah dan penyakit yang disebabkan oleh sampah. Bahkan tidak akan ada lagi banjir yang disebabkan oleh tumpukan sampah yang tidak pada tempatnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv