PJ Bupati OKU Cek Harga Sembako Menjelang Nataru

PJ Bupati OKU Cek Harga Sembako Menjelang Nataru

PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah saat melakukan sidak sembako di pasar tradisional Baturaja.-Ari Pranika-

 

OKU, PALTV.CO.ID - Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd bersama Forkopimda melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap  harga kebutuhan bahan pokok di pasar pucuk dan mini market di Baturaja. 

Sidak ini dilakukan untuk memastikan harga kebutuhan bahan pokok stabil menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).  "Kita meninjau secara langsung kondisi pasar, hal ini sebagai upaya kami dalam mengendalikan Inflasi daerah," kata PJ Bupati Teddy. 

Dikatakan Teddy, dari hasil pengecekan rata-rata harga sembako di pasar tradisional OKU mengalami kenaikan. Namun kenaikan harga kebutuhan ini tidak terlalu signifikan dan masih berada di batas aman yakni diantara Rp 1.000 -  Rp 4.000. 

"Kenaikan ini biasa terjadi menjelang natal dan tahun baru. Namun jika nanti ada lonjakan maka kita akan lakukan operasi pasar bersama Bulog dan dinas terkait" ujar Teddy. 

Bahan pokok  yang mengalami kenaikan, disebutkan Teddy diantaranya ada cabai, daging ayam dan beras. 

"Untuk telur memang sempat naik Rp 30.000,/Kg namun saat ini turun menjadi Rp 28.000,/Kg. Untuk yang lain kenaikan masih flat tidak terlalu tinggi, dan rata-rata kenaikan barang ini adalah barang kebutuhan yang didatangkan dari luar," sebutnya. 

Dikatakan Teddy, kenaikan harga masih batas wajar lantaran disebabkan harga bahan bakar yang sudah naik kemudian kebanyakan kebutuhan pokok didatangkan dari luar Kabupaten OKU. Untuk itu dirinya tetap meminta masyarakat untuk terus menggenjot program mandiri pangan agar harga bahan pokok bisa ditekan.

Meski demikian dikatakan Teddy jika terjadi lonjakan kenaikan harga bahan pokok yang cukup tinggi pemkab OKU akan melakukan intervensi dengan menggelar operasi pasar bersama pihak bulog dan dinas terkait.  

"Untuk saat ini seluruh ketersediaan sembako di OKU masih dalam keadaan aman. Stok sembako sendiri diperkirakan aman hingga bulan Januari mendatang," Pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: