Benarkah Mobil Tua Harus Menggunakan Oli Kental? Begini Penjelasannya

Benarkah Mobil Tua Harus Menggunakan Oli Kental?  Begini Penjelasannya

Benarkah Mobil Tua Harus Menggunakan Oli Kental? Begini Penjelasannya--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mobil tua seringkali memerlukan perawatan khusus agar tetap dapat beroperasi dengan optimal. Perawatan mobil yang baik akan memperpanjang umur kendaraan.

Salah satu aspek penting dalam perawatan mobil tua adalah pemilihan oli mesin yang tepat. Ada pandangan yang mengatakan bahwa mobil tua sebaiknya menggunakan oli kental untuk mendukung kinerja mesin.

Namun, apakah benar bahwa mobil tua harus menggunakan oli kental? Mari kita telaah penjelasannya.

Oli untuk mobil tua memegang peran krusial dalam menjaga performa dan umur mesin. Mobil tua seringkali memerlukan oli dengan viskositas yang tepat, seperti 10W-40, untuk memberikan pelumasan ekstra pada komponen mesin yang mungkin mengalami keausan lebih tinggi.

BACA JUGA:Menyaksikan Pesona Senja dari Puncak Bukit Paralayang di Pantai Parangtritis

Oli kental dapat mengurangi gesekan, memberikan perlindungan terhadap keausan, dan membantu menjaga stabilitas suhu mesin.

Selain itu, oli untuk mobil tua seringkali dirancang dengan aditif tambahan yang membantu membersihkan dan melumasi mesin yang telah berumur.

Pemilihan oli yang tepat, sesuai dengan rekomendasi pabrik dan kondisi mobil, menjadi kunci dalam menjaga kesehatan mesin mobil tua serta meningkatkan efisiensi kendaraan.

kita perlu memahami peran dan fungsi oli mesin dalam sebuah kendaraan.

BACA JUGA:Konversi Sepeda Motor Listrik Honda Beat, Luar Biasa Murah Banget dan Ini Rahasianya!

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pembersih dalam sistem mesin. Ini membantu mengurangi gesekan antar komponen mesin, menjaga suhu mesin tetap optimal, dan membersihkan kotoran yang dapat mengakibatkan kerusakan.

1. Pelumas Lebih Baik

Oli kental cenderung memberikan lapisan pelumas yang lebih tebal pada komponen mesin. Hal ini bermanfaat terutama untuk mobil tua yang mungkin memiliki keausan lebih tinggi pada bagian-bagian mesinnya.

Pelumas yang lebih baik dapat membantu mengurangi gesekan dan abrasi, memperpanjang umur komponen mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber