Mobil Listrik Seres E1, Pesaing Serius Wuling Air EV Kini Mulai Diproduksi di Indonesia

Mobil Listrik Seres E1, Pesaing Serius Wuling Air EV Kini Mulai Diproduksi di Indonesia

Mobil Listrik Seres E1, Pesaing Serius Wuling Air EV Kini Mulai Diproduksi di Indonesia --Gambar : Tangkapan Layar Instagram/@myserese1

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di akhir tahun 2023, produksi lokal mobil listrik Seres E1 dimulai di fasilitas DFSK di Cikande, Serang, Banten. 

PT Sokonindo Automobile, selaku agen pemegang merek (APM), telah berhasil menjualnya dengan harga Rp189 juta on the road Jakarta. 

Oleh karena itu mobil listrik Seres E1 yang dianggap sebagai pesaing serius bagi Wuling Air EV kini mulai merambah ke industri otomotif di Indonesia. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki desain yang kompak dan mungil.

Pabrikan asal China ini menyatakan bahwa produksi Seres E1 di pabrik yang dimiliki oleh PT Sokonindo Automobile mencerminkan keberhasilan investasi jangka panjang yang telah dilakukan selama beberapa tahun. Hal ini terbukti dengan hadirnya kendaraan berkualitas tinggi namun tetap terjangkau secara harga.

BACA JUGA:Apa Itu Mobil Hybrid: Toyota Konsisten Kenalkan Toyota Hybrid System

Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile, menyatakan bahwa perakitan lokal ini juga berkontribusi dalam memberikan akses kendaraan listrik yang terjangkau bagi konsumen, serta mendukung mobilitas berkelanjutan di Indonesia. Hal ini ia ungkapkan dalam keterangan pers pada hari Kamis, tanggal 14 Desember 2023.

Pabrik DFSK tersebut telah mengadopsi teknologi robotik yang mencapai tingkat kecanggihan sebesar 90 persen dalam proses produksinya. 

Teknologi ini menggunakan lengan robotik yang didukung oleh operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya.

Teknologi robotik ini digunakan dengan tujuan untuk optimalisasi kualitas pekerjaan sumber daya manusia (SDM) dalam memproduksi kendaraan listrik. 

BACA JUGA:Menjelajahi Masa Depan Bersama Mobil Listrik DFSK Seres E1 di Pameran PTC Mall Palembang

Hal ini menjadi penting mengingat kendaraan listrik yang diproduksi oleh PT Sokonindo Automobile memanfaatkan teknologi yang sangat canggih, sehingga memerlukan tingkat presisi yang tinggi dalam proses produksinya. Tujuan utama adalah menghasilkan produk yang aman, dapat diandalkan, canggih, dan kompetitif di pasar.

Seres E1 dilengkapi dengan baterai Lithium Iron Phosphate yang memungkinkan jarak tempuh maksimal hingga 220 km (SERES E1 Type L). Selain itu, konsumen dapat dengan mudah mengisi daya baterai secara harian di rumah.

Mobil Seres E1 ini pun juga digadang-gadang sangat mirip dengan Wuling Air EV. Jika dibandingkan dari segi body nya, perbedaan kedua mobil listrik ini terbilang sangat tipis.

Seres E1 memiliki panjang mobil sekitar 3.030 mm dengan lebar sebesar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm. Semenatara jarak antar sumbu rodanya 1.960 mm dan jarak terendah ke tanah mencapai 135 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber