Cara Mudah Mengurus Ibadah Haji Plus, Solusi Lama Nunggu Berangkat Haji Reguler

Cara Mudah Mengurus Ibadah Haji Plus, Solusi Lama Nunggu Berangkat Haji Reguler

Cara Mudah Mengurus Ibadah Haji Plus, Solusi Lama Nunggu Berangkat Haji Reguler, --Foto : Freepik.com/stockking

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kelebihan dari ibadah haji plus tidak hanya terletak pada nilai rohaniahnya, tetapi juga pada kemudahan proses pemberangkatannya.

Dibandingkan dengan haji reguler yang bisa memakan waktu hingga 18 tahun, haji plus menawarkan masa tunggu pemberangkatan yang lebih singkat.

Pada Senin, 27 November 2023, Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Rapat tersebut menghasilkan kesepakatan mengenai besaran BPIH untuk jemaah haji reguler, dengan rata-rata sebesar Rp93.410.286.

BACA JUGA:BPKH Himbau Calon Jemaah: Segera Persiapkan Diri untuk Haji 2024

Menurut Menteri Agama Yaqut, BPIH 2024 ini terdiri dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) sebesar Rp56.046.172 atau 60 persen, dan penggunaan nilai manfaat per jemaah sebesar Rp37.364.114 atau 40 persen.

Kementerian Agama sudah mulai menyiapkan fasilitas untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun depan sejak akhir tahun ini. Tim pengadaan akomodasi dan katering dipersiapkan untuk memastikan kenyamanan jemaah di Arab Saudi.

Musim haji 1445 H/2024 M dijadwalkan berlangsung pada Mei-Juli 2024. Oleh karena itu, calon jemaah haji, selain menyiapkan diri untuk haji reguler, juga dapat mempertimbangkan opsi haji plus.

Kedua jenis penyelenggaraan ini termasuk dalam kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi, dengan Indonesia mendapatkan kuota 221.000 jemaah pada tahun depan.

BACA JUGA:Alhamdulillah Biaya Haji 2024 Bisa Dicicil Sesuai Kemampuan, Ini Skema dan Caranya

Haji plus sendiri diorganisir dan dikelola oleh pihak swasta, seperti biro travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memiliki izin resmi.

Keuntungan utama haji plus adalah masa tunggu pemberangkatannya yang lebih singkat, yakni sekitar 4-7 tahun.

Hotel yang disediakan juga biasanya lebih dekat dengan Masjidil Haram. Meskipun demikian, sebelum memutuskan untuk memilih haji plus, penting untuk memastikan memilih agen PIHK yang tepercaya.

Biaya haji plus atau Ongkos Naik Haji (ONH) Plus 2024 setidaknya sebesar USD8.000, yang tentu lebih mahal dibandingkan paket haji reguler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber