Buya Anwar Abbas Tutup Mukernas III MUI: Ajak Media Massa Proaktif dan Umat Islam Pilih Damai Jelang Pemilu

Buya Anwar Abbas Tutup Mukernas III MUI: Ajak Media Massa Proaktif dan Umat Islam Pilih Damai Jelang Pemilu

Buya Anwar menggarisbawahi pentingnya sikap proaktif bagi masyarakat dan media dalam menghadapi era informasi, khususnya menjelang pemilu.--Foto : Tangkap [email protected]

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam penutupan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta pada Minggu (03/12/2023), Wakil Ketua Umum MUI, Buya Anwar Abbas, menyerukan agar media massa menjadi agen perubahan dengan proaktif menyuarakan narasi positif menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

Buya Anwar menggarisbawahi pentingnya sikap proaktif bagi masyarakat dan media dalam menghadapi era informasi, khususnya menjelang pemilu.

Ia menekankan perlunya masyarakat Indonesia membentengi diri dari penyebaran berita palsu atau hoax.

“Sikap proaktif bagi masyarakat ataupun insan media menjadi penting. Jangan sampai kita mudah terpengaruh oleh hoax. Kita perlu mengasah kembali nalar kritis jelang pemilu nanti,” ungkap Buya Anwar.

BACA JUGA:Kisah Maryam, Nama yang Tertulis Indah dalam Al-Qur’an

Dalam konteks pemilu, Buya Anwar juga menyoroti pentingnya menjaga narasi damai. Ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, untuk memilih pemimpin yang beriman dan bertakwa.

Buya Anwar kembali menegaskan bahwa berbeda pilihan politik adalah hal yang wajar. Namun, ia menekankan agar perbedaan ini tidak boleh menjadi alasan untuk saling memusuhi.

“Berbeda pilihan politik boleh. Jangan sampai memusuhi yang memiliki perbedaan pilihan,” tegasnya.

Selain membahas peran media massa dan sikap masyarakat, Buya Anwar juga memberikan sorotan terhadap kondisi ekonomi umat Islam di Indonesia. Meskipun jumlah umat Islam di Indonesia terbesar, namun secara kualitas ekonomi dan kesejahteraan masih harus ditingkatkan.

BACA JUGA:BPKH Himbau Calon Jemaah: Segera Persiapkan Diri untuk Haji 2024

“Di Mukernas ini, saya mengajak bapak dan ibu serta seluruh umat Islam di Indonesia memajukan ekonomi umat. Peningkatan kuantitas dan kualitas menjadi hal utama, tidak boleh terpisah,” tandasnya.

Sembari menutup Mukernas III MUI, Buya Anwar Abbas memberikan dorongan kepada seluruh umat Islam untuk bersatu dalam membangun negeri dan memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan penuh kedamaian dan keadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://mui.or.id